EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA

Reni Melisa

Abstract


Penelitian yang berjudul “Efektivitas penggunaan media animasi pada materi sistem pernapasan manusia terhadap ketuntasan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peukan Bada†telah dilaksanakan pada tanggal 19 November Sampai dengan tanggl 3 Desember 2013 di SMP Negeri 1 Peukan Bada. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ketuntansan belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan media pembelajaran yaitu video animasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian yaitu nilai ketuntasan siswa secara individual mencapai 19 siswa tuntas dari jumlah 22 siswa di kelas eksperimen dan 15 siswa tuntas dari jumlah 22 siswa di kelas kontrol. Ketuntasan klasikal mencapai 86,80% di kelas eksperimen dan 68,18% di kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ketuntasan siswa semakin meningkat dengan digunakannya media animasi sebagai media dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Andre, Rinanto. 1982. Peranan Media Audio Visual Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas.

Latuheru. 1993. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Kini. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.

Listyorini, Sri dan Suciati, S. 2012. Perbedaan Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint dan Media Animasi pada Pembelajaran Biologi Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa. Jurnal Pendidian Biologi FKIP UNS, VIII:1-9.

Sunarno, W. 2010. Komputasi Pembelajaran Sains. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wahana Prima.

Wiji, S. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0