PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA BERDISKUSI KELOMPOK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMP NEGERI 2 BUBON
DOI:
https://doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2723Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran biologi dengan menerapkan strategi kooperatif tipe Jigsaw yang mampu meningkatkan ketrampilan siswa dalam berdiskusi kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan angket. Sehingga data penelitian ini berupa data kualitatif dari aktivitas belajar siswa dan respon siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP NEGRI 2 BUBON berjumlah 44 siswa. Analisis berupa data kualitatif (hasil observasi kegiatan) dianalisisi secara kualitatif dan kuantitatif data yang tekumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh: aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran diskusi kooperatif tipe Jigsaw menunjukkan bahwa siswa telah mampu melakukan aktivitas keterampilan diskusi dan persentase aktivitas siswa pada tiap siklus cenderung mengalami peningkatan, dan Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran diskusi 93,18% merespon baik. Siswa berminat dan senang terhadap pembelajaran diskusi yang dilakukan dalam penelitian ini.References
Ibrahim, M., Fida, R., Nur, M., dan Ismono, 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Press.
Juliar, Apko, Havea., 2013. Pengaruh Penerapan
Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi Di Kelas Ix Smp Negeri 2 Bubon Kabupaten Aceh Barat. Skripsi. tidak diterbitkan. Meulaboh: Universitas Al Muslim.
Lie, A., 2004, Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Lungdren, L., 1994. Cooperative Learning in The Science Classroom, New York: McGraw Hill Companies.
Yuni susanti. Upaya Peningkatan Kreatifitas siswa SMU Pembangunan UNP melalui Modifikasi Koopeatif Learning Model Jigsaw. Jurnal Pendidikan. No. 04 Tahun 26 Desember 2003, hal 26.
Downloads
Published
2018-04-05
Issue
Section
Articles