PENGGUNAAN MEDIA ALAMI DAN MEDIA VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH

Miftahul Khairi, Anton Widyanto, Elita Agustina

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa adalah penggunaan media belajar yang tepat dan sesuai, khususnya pelajaran Biologi banyak media belajar yang dapat digunakan salah satunya media alami dan media visual. Penggunaan media alami dan media visual untuk mengetahui hasil belajar siswa pada sub materi Invertebrata, yang dilakukan di MAS Babun Najah Banda Aceh pada bulan Maret Tahun Ajaran 2012/2013. Rancangan penelitian ini bersifat true eksperimental dengan bentuk posttest only control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes yaitu post test. Teknik analisis pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung=3.68 dan ttabel=2.00. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media alami dan media visual pada sub materi Invertebrata.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani, 2004. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Eni Nuraeni, dkk, Efektivitas Media Audio-Visual pada Materi Pertumbuhan Manusia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, SMPN 2 Congeang Sumedang. Jurnal, diakses pada tanggal 17 Februari 2013.

Farida Nursyahidah, 2007. Penelitian Eksperimen, Malang: FKIP UNM.

Herlina, 2002. Pencapaian hasil belajar biologi dengan penerapan metode eksperimen, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah.

Mukhtar dan Martinis, 2007. 10 Kiat Sukses Mengajar di Kelas, Jakarta: PT Nimas Multima.

Pudji Djaali, 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Grasindo.

Sadiman, Arief S. dkk, 2006. Media Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, 1992. Metode Statistik, Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.