PENGGUNAAN ALAT PERAGA PERNAPASAN SEDERHANA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MTsN RUKOH BANDA ACEH

Nawalul Faizin, Muslich Hidayat, Wati Oviana

Abstract


Alat peraga pernapasan sederhana merupakan suatu media fisik pendidikan yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran, khususnya pada materi sistem pernapasan manusia, yang digolongkan ke dalam alat peraga sebagai model. Penggunaan media gambar sangat dibutuhkan di dalam proses belajar mengajar bidang studi biologi terutama pada materi sistem pernapasan manusia. Melalui media gambar siswa tidak hanya mendengar secara pasif terhadap materi yang diajarkan, bahkan media gambar dapat mengurangi rasa bosan siswa. Penelitian ini dilakukan di MTsN Rukoh Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan alat peraga pernapasan sederhana dan media gambar dalam menjelaskan materi sistem pernapasan manusia. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan yang menjadi sampel kelas VIII-4 MTsN Rukoh Banda Aceh, tahun ajaran 2013/2014. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi Siswa (LOS). Berdasarkan hasil analisis data dengan manggunakan lembar observasi, kegiatan siswa di dalam kelas sudah dikategorikan baik dan juga aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sudah meningkat, Maka terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan alat peraga pernapasan sederhana dan media gambar dalam pembelajaran sistem pernapasan manusia di MTsN Rukoh Banda Aceh.

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono, 2005. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Arief Sadiman, dkk, 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Evelyn Pearce, 2005. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis, Jakarta: Gramedia.

Faisal, 2011. Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mujahidin Agus, Pengaruh Alat Peraga multifungsi untuk Pembelajaran Geografi, (online), diakses melalui situs http://n2.nabble.com/Alat-Peraga-Sederhana -Multifungsi-Untuk-Pemelajaran-Geografi-td3367051.html, 18 Maret 2013.

Mukhtar, 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan, Jakarta: Misaka Galiza.

Suharsimi Arikunto, 2005. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Umar Hamalik, 2004. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.