EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS WEB SEBAGAI ALAT UKUR HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH

Nurlia Zahara Nurlia Zahara

Abstract


Evaluasi pembelajaran biologi saat ini masih berlangsung secara konvensional. Oleh karena itu peneliti memandang perlu adanya perkembangan evaluasi belajar dengan bantuan teknologi. Evaluasi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Web Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar pada Materi Dunia Tumbuhan Kelas X MAN Model Banda Aceh†telah dilakukan di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan evaluasi pembelajaran online berbasis Web pada materi dunia tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif berupa tes pilihan ganda yang diakses oleh siswa melalui web. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes evaluasi online bertahap dengan materi berbeda bryophyta, pteridophyta dan spermatophyta, tes hasil belajar dan pemberian angket. Data dianalisis secara deskriptif dengan melihat perkembangan nilai evaluasi online siswa dan data angket yang telah diberikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Evaluasi Pembelajaran online berbasis web dapat dikembangkan dan diimplementasikan sebagai alat ukur hasil belajar materi dunia tumbuhan.

Full Text:

PDF

References


Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muksin Wijaya. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Web dengan Prinsip E-Pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur. No.19/Tahun Ke-11. Bidang Pembinaan dan Program Pendidikan Penabur Bandung.

Purwanto, N. 2002. Prinsip-prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.

Padmanthara, S. 2007. Pembelajaran Berbantuan Komputer dan Manfaat sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik No. 22/XI/TEKNODIK. Depdiknas: 130-144 hlm.

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Webiaswara, D. 2012. E-Learning Maturity Model untuk Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Virtual Class di Perguruan Tinggi. Jurnal Dinamika Dotcom. Vol 3. No. 1. Teknik Informatika STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang.

Zainul & Nasution, 2001. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.