KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Safryadi A, Alzikri Rahmatillah

Abstract


Penelitian ini mengangkat masalah apakah penggunaan media gambar berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terbagi kedalam kelompok eksperimen (kelas VIII-1) dan kelompok kontrol (kelas VIII-2). Pembelajaran kelas eksperimen melaui penggunaan media gambar, sedangkan kelas kontrol melalui pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini merupakan eksperimen, sedangkan analisis data dilakukan dengan formulasi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Kesimpulannya adalah penggunaan media gambar pada pembelajaran materi sistem pencernaan pada manusia dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Rostiyah, N. K. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Soelarko. 1980. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Soegeng, A.Y., Mudzanatun dan David Indrianto. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Semester 1 SD Negeri Bango 1 Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal FIP IKIP PGRI Semarang. Volume 2, Nomor 1, Juli.

Sadiman, Arief S. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0