TINGKAT KETUNTASAN BELAJAR SISWA SMPN 1 INDRAPURI ACEH BESAR PADA MATERI EKOSISTEM DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH

Desi Heryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa dalam mempelajari pokok bahasan ekosistem dengan pemanfaatan media lingkungan sekitar sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Indrapuri Aceh Besar, dengan sampel penelitian kelas VII2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII3 sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes yaitu pre-tes dan post-tes. Analisis data hasil tes menggunakan rumus persentase. Analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran biologi pada pokok bahasan ekosistem dengan pemanfaatan media lingkungan sekitar sekolah dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa di SMP Negeri I Indrapuri. Peningkatan ketuntasan belajar siswa ini terlihat dari hasi tes akhir pada kelas kontrol dan eksperimen, pada kelas kontrol siswa yang mencapai nilai tuntas 76% sedangkan pada kelas eksperimen siswa yang mencapai nilai tuntas 92%.

Full Text:

PDF

References


Arif Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Muhammad Ali. 1985. Penelitian Kependidikan Proses dan Strategi. Bandung: Angkara.

Saiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsudduha. 2012. Penggunaan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan. Vol 15 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0