PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA YANG DIINTEGRASIKAN NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH
Hartati Masyhuri, Hasanuddin Hasanuddin, Razali Razali
Abstract
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat validasi modul hasil pengembangan pada konsep sistem reproduksi manusia yang diintegerasikan nilai-nilai Islam; 2) Pemahaman siswa pada konsep sistem reproduksi manusia; dan 3) Tingkat berpikir kritis siswa, telah dilakukan pada semester genap 2013/2014 di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode R & D dan experimental semu. Metode R & D digunakan untuk mengembangkan modul dengan model 3D yang diadaptasi dari model 4D. Pemahaman konsep menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan: Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian semua siswa kelas XI-IPA berjumlah 128 siswa. Sampel diambil 60 siswa, yaitu kelas XI-IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 4 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan persentase dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan 1) Modul hasil pengembangan memiliki kriteria validasi sangat valid 85,29%. 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa yang diberi modul dengan siswa yang tidak diberi modul dengan nilai t-hitung (2,174) dan t-tabel (2,002). 3) Terdapat perbedaan berpikir kritis antara siswa yang diberi modul dengan tidak diberi modul, dengan t-hitung (2,389) dan t-tabel (2,002). Simpulan penelitian, modul hasil pengembangan pada konsep reproduksi yang diintegrasikan nilai-nilai islam sangat valid dan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa SMAN 11 Banda Aceh.
References
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembela-jaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembe-lajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. 2012. Dasar- dasar Evaluasi Pendi-dikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Asraf, A. 1985. New Horizons in Muslim Edu-cational. tt.p.,t.p., cet.3.
Ibrahim, 2004, Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern; Mencarai “Visi BAru†atas “Realitas Baru†Pendidi-kan Kita, Jakarta: Bulan Bintang.
Mulyana, R. 2004, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Tarsito.
Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sanaky, H. 2011. Media Pembelajaran “Buku Pegangan Wajib Guru dan Dosenâ€. Yogya-karta: Kaukaba Dipantara.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Cetakan ke-13. Bandung: Alfabeta.
DOI:
http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2739
DOI (PDF):
http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2739.g1996
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY-SA 4.0