UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP KLASIFIKASI HEWAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERET HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS VII-2 MTsN TUNGKOB ACEH BESAR

Suji Hartini

Abstract


Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas di MTsN Tungkob Kabupaten Aceh Besar, Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2 berjumlah 32 siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatis tipe (NHT) pada materi Klasifikasi Hewan. Kesimpulan penelitian (1). Penerapan model NHT memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa menjadi lebih baik. Siswa merasa senang dan terbantu untuk menguasai pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mencapai 90%, (2). Rata-rata hasil belajar yang dicapai oleh siswa kelas VII.2 meningkat dari 65,82 di akhir siklus I dan 72,06 di akhir siklus II, dengan persentasi ketuntasan secara klasikal 71,88 pada akhir siklus I dan 90,63 pada akhir siklus II.

Full Text:

PDF

References


Anita, L. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Gramedia Widya Prasarana Indonesia.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Cemerlang.

Endy, K. 2006. Model-model Pembelajaran Koo-peratif. (Online), http://ebekunt.wordpress. com., diakses 17 Januari 2014.

Soekamto, T. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Univer-sitas Terbuka.

Press. Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Ja-karta: Depdiknas.

. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo.

Sudjana, N. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sagala, Syaiful, 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta. Alfabeta Bandung.

Udin. S. Winataputra, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Univer-sitas Negeri Surabaya.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kom-petensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Me-nengah Pertama dan Madrasah Tsana-wiyah, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Model-Model Pengajaran da-lam Pembelajaran Sains (Materi Pelatihan

Terintegrasi Sains). Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Penulisan Karya Ilmiah (Materi Pelatihan Terintegrasi Sains). Jakarta: Dep-diknas.

Depdiknas. 2004. Penelitian Tindakan Kelas (Materi Pelatihan Terintegrasi Sains). Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., dan Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press UNESA.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Univer-sitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0