PENYUSUNAN EVALUASI PEMBELAJARAN DOSEN FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH

Nurasiah Nurasiah

Abstract


Dosen merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan di perguruan tinggi. Tugas utama memberikan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Untuk menjalankan tugas, dosen harus memiliki empat kompetensi dasar, salah satunya kompetensi akademik yaitu kemampuan dosen dalam menyusun evaluasi pembelajaran. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan penyusunan evaluasi pembelajaran dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh meliputi: kemampuan dosen membuat soal dan kisi-kisinya, kemampuan pembobotan soal-soal yang diajukan, kemampuan dalam menentukan prosedur dan instrument penelitian, kemampuan mendiagnosa kesulitan belajar yang dijadikan sebagai dasar merancang program remedial dan pengayaan. Kemudian, kemampuan menetralisir kendala dalam evaluasi dan dapat memberikan umpan balik dalam memperbaiki proses perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebanyak 22 orang. Data dikumpulkan dengan teknikobservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penyusunan evaluasi pembelajaran dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh terlihat sudah membaik, dalam membuat soal dan kisi-kisinya sudah teratur, terukur dan terkonstruksi jelas sesuai bahasan pembelajaran yang telah diajarkan. Pembobotan terhadap soal dapat dikatagorikan mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor, dapat menentukan prosedur dan instrument penilaian untuk berbagai tujuan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang R.I Nomor 14 Tahun (2005). Undang-Undang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertivikasi Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Giyarni. (2008). Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru SMK Kelompok Bisnis Manajemen. Surakarta: Skripsi tidak diterbitkan.

Usman, Mohd Uzer. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah. (2007). Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Nazir, Mohd. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaudih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rodaskarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0