KAJIAN PENERAPAN MODEL-MODEL KOOPERATIF PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN
Abstract
Plant growth and development materials contain abstract concepts that require in-depth understanding. This study aims to examine the improvement of research parameters using a cooperative model on plant growth and development material. The research method used literature study with secondary data from research articles. Data were presented in tabular form and analyzed descriptively. The results showed that learning models such as discovery learning, problem-based learning, guided inquiry, and cooperative method of Two Stay-Two Stray (Ts-Ts) type were used in plant growth and development material. The application of cooperative models can improve students' activities, learning outcomes, and interest in the material of plant growth and development.
Key words: Learning activity, learning outcomes, plant growth and development material, learning models.
Full Text:
PDFReferences
Afifa, C.T.M., Agustina , E, Widyanto, A. 2024. The Implementation of the Problem-Based Learning and TikTok Video to Enhance Student Learning Outcomes and Activities. Bioilmi Jurnal Pendidikan. 10 (2) : 1-11.
Aprilia, S, Zubaidah R, dan Dona F. 2022. Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal AlphaEuclidEdu.3 (1) : 100 -107.
Besare, S.D. 2020. Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran. 7 (1) : 18-25.
Fadilah, A. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research.1(2):1-17.
Gade, M. 2022. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII MIPA-1 SMA Negeri 1 Indrajaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 2 (2) : 53-57.
Manihuruk, Mastiur,V.S, Srinatalia,S. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Timbuhan Kelas XII. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains. 3 (3) : 108-113.
Marlina. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Melalui Penerapan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Pada Siswa Kelas XII-IPA-2 SMA Negeri 6 Banda Aceh Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022-2023. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. 7 (1) : 15-23.
Rahmi, A,E., & Oviana, W. 2018. Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan model discovery learning dan media visual pada materi kingdom animalia. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biotik 2018, 6(1), 723-727. https://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4322
Rosmawati. 2019. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (Ts-Ts) di Kelas XII MIPA1 SMA Negeri 4 Parepare. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 1 (1) :54-63.
Saputri, N.E. 2022. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Instructional Development Journal (IDJ), 5 (1) : 70-75.
Sukmah, N; Adnan; dan Wahdaniah. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII MIPA 4 di SMAN 3 Maros Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan dengan bantuan Liveworksheets. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran,5(3):1218-1223.
Supandi. 2019. Upaya Menimgkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. 14 (1) :14-21.
Ulya, R, Agustina E, Widyanto A, dan Hanim N. 2024. Penerapan Metode Talking Stick dan Media Video untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Jeumpa. 11(2) : 360-370.
Yuniharto, B.S., Maria M.I.S. 2019. Peningkatan Minat Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas IIIA SDN Maguwoharjo 1 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Jurnal Elementary. 1 (2) :22-32.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v12i1.28187
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v12i1.28187.g10229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN : 2828-1675
Email : official.semnasbiotik@gmail.com
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY-SA 4.0