KEANEKARAGAMAN JENIS IKAN DI SUNGAI KLUET KABUPATEN ACEH SELATAN

Mardianti Mardianti, Muhammad Nasir, Cut Nanda Devira

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis ikan yang terdapat di Sungai Kluet, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan Metode Eksplorasi. Penetapan stasiun pencuplikan dipilih secara ‘purposive sampling’ berdasarkan kondisi lingkungan sepanjang aliran sungai. Sampel ikan dikoleksi dengan menggunakan alat pancing, jala, bubu, dan jaring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 386 individu ikan yang terbagi ke dalam 19 famili dan 33 spesies, spesies ikan yang banyak ditemukan yaitu dari family Cyprinidae sebanyak empat spesies yaitu Rasbora sp., Anematichthys apogon, Osteochilus spp., dan Neolissochilus thienemanni. Indeks keanekaragaman kelima stasiun tergolong kriteria sedang dengan kisaran nilai 1,52-2,30.

Full Text:

PDF

References


Andria A., Dinoto M., Partomiharjo T., dan Sutrisno H. 2007. Komposisi dan Kelimpahan Jenis Ikan Air Tawar pada Lahan Gambut diwilayah Propinsi Riau. Jurnal Berita Biologi. Vol 8 (4): 0126-1754.

Barus, T.A. 2004. Pengantar Limnologi. USU Press, Medan.

Febrian, A.N. 2013. Keanekaragaman Jenis Ikan di Sungai Sekonyer Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan Tengah. Sripsi. FMIPA. Universitas Negri Semarang. Semarang.

Permana, M.S., Hamdani H., dan Junianto. 2015. Pengaruh Kegiatan Geothermal Terhadap Keanekaragaman Ikan Di Aliran Sungai Cikaro, Kabupaten Bandung. Jurnal Perikanan Kelautan. Vol 6 No 2 (1).

Sriwidodo, D.W.E., Budiharjo A., dan Sugiyarto. 2013. Keanekaragaman Jenis Ikan dikawasan Inlet dan Outlet Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Jurnal Bioteknologi. Vol 10 (2) 43-50.

Suwondo. 2004. Kualitas Biologi Perairan Sungai Senapelan, Sago dan Sail di Kota Pekanbaru Berdasarkan Bioindikator Plankton dan Bentos. Universitas Riau. Pekanbaru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.