PERILAKU MENCARI MAKAN BURUNG KUNTUL KECIL (Egretta garzetta) DI KAWASAN MANGROVE ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

Jamaluddin M Isa, Andaivi Andaivi, Leli Fauziah, Rizky Ahadi

Abstract


Burung bangau kecil atau kuntul kecil (Ergetta garzetta) merupakan jenis burung air dan juga termasuk burung migrasi yang ada di Indonesia. Sejatinya, burung air banyak bergantung pada habitat lahan basah. Mulai dari rawa rumput (grass swamp), tepian pantai hutan mangrove hingga lahan basah buatan seperti kolam, tambak dan sawah. Akhir-akhir ini habitat bangau kecil (Egretta garzetta) mengalami gangguan berupa perburuan liar dan kerusakan habitat. Hal tersebut mempengaruhi perilaku mencari makan dari burung tersebut. Penelitian ini berjudul perilaku mencari makan burung kuntul kecil (Egratta garetta) di Kawasan Mangrove Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu dan perilaku mencari makan dari burung kuntul kecil (Egratta garetta). Untuk mencapai tujuan penelitian ini diimplementasikan dengan metode obsevasi pengamatan langsung dan didukung dengan pengambilan gambar menggunakan kamera. Metode dalam penelitian ini menggunakan   Vocal Observation. Hasil penelitian perilaku Mencari makan burung kuntul kecil di kawasan Mangrove Alue Naga diperoleh hasil waktu mencari makan pada pagi hari, siang hari dan sore hari sesuai dengan keaktifan dari prilaku mencari makan burung kuntul kecil. Pola mencari makan Egretta garzetta memiliki 5 jenis perilaku. Frekuensi perilaku mencari makan Egretta garzetta lebih berfariasi pada waktu sore hari.

Full Text:

PDF

References


Ahadi, R. 2017. Perbedaan Rentang Waktu Perilaku Harian Kuntul Kecil (Egretta garzetta) di Kawasan Mangrove Alue Naga Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik. 5 (2). 98-105.

Altmann, J. 1974. Observational Study of Behavior: Sampling Methods. Behaviour, 49:227-269.

Dubois, P. J. dan Pierre. Y. 1995. Identification of Western Reef Egrets and Dark Little Egrets. Brit. Bird. 88 (1): 307-319

Martini, J. R. 2005. Barn Owl (Tyto alba). florida: univercity of florida (online) (http://edis.ifas.ufl.edu).

Nugroho, S. G. 1991. “Copled Ekosystem Silvo Fishery” Bentuk Pengolahan Hutan Mangrove-Tambak yang Saling Mendukung Dan Melindungi . Jakarta: Prosiding Seminar IV Ekosytem Mangrove LIPI.

Program, W. I. 2006. Green Coast For Nature and People after the Tsunami: Menghijaukan Tambak-tambak di Aceh dengan Mangrove: Menyelamatkan Pesisir. Bogor: WWF.

Susanti, S. N. 2008. Invenaris Hutan Mangrove Sebagai Bagian Pengolahan Pesisir Pantai Deli Serdang. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0