POLA AKTIVITAS DAN JARAK EDAR ACHATINA FULICA DI PEMUKIMAN WARGA DESA DEUDAP PULO NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Diana Resa, Nur Ika Maulita, Randi Albar

Abstract


Desa Deudap merupakan salah satu desa yang terdapat di Pulo NasiĀ  yang memiliki bagian pesisir dengan ketinggian rata-rata daratan lebih besar dari 100 mdpl. Desa Deudap terletak di daerah dengan topografi pegunungan, lautan, dan hutan yang menjadi habitat bagi berbagai jenis hewan diantaranya jenis mamalia, insekta dan hewan kecil lainnya termasuk kelompok molusca seperti bekicot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi pola aktivitas dan jarak edar terhadap panjang, lebar, berat awal dan berat akhir bekicot (Achatina fulica) yang di lepaskan kehabitat barunya. Penelitian ini dilakukan dipemukiman warga desa Deudap, Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh pada tanggal 13 April 2017. Metode yang digunakan dalam melihat pola aktivitas dengan menggunakan metode scan sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya korelasi antara keadaan pemukiman warga terhadap pola aktivitas dan jarak edar dengan panjang, lebar, berat awal dan berat akhir bekicot dengan nilai korelasi 1 (korelasi kuat). Pola aktivitas sangat di pengaruhi oleh keadaan fisik-kimia lingkungan yaitu berupa suhu, kelembaban udara, pH, dan intensitas cahaya.

Full Text:

PDF

References


Kindesslay, 1993. Jendela Iptek Ekologi. Jakarta: Balai Pustaka.

Campbell, Reece, 2008. Biologi Jilid 2 Edisi 8. Jakarta: Erlangga.

Djohar. 1986. Reproduksi Bekicot (Achatina fulica) dan beberapa Faktor yang Mempengaruhinya. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sentoso, H, 2007. Budidaya Bekicot,(Yogyakarta: Kanasius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.