POPULASI MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI KAWASAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Raudhatul Jannah, Desi Sartika Putri, Muhammad Al-Hafidz

Abstract


Pulo Aceh merupakan suatu kawasan yang masih alami yang memiliki keindahan, kekayaan dan keunikan alam seperti flora dan fauna yang sangat mendukung habitat dari monyet ekor panjang. Penelitian ini dilakukan di kawasan hutan sekunder Desa Deudap, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar dengan tujuan untuk mengetahui keberadaan populasi monyet ekor panjang. Metode penelitian menggunakan metode jalur (line transect method) yang dibagi menjadi jalur transek A dan jalur transek B serta  metode survey eksploratif dengan visualisasi langsung. Pengamatan dilakukan pada tanggal 14 April 2017 di mulai jam 08.00 WIB dan berakhir pada jam 20.00 WIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa populasi monyet ekor panjang yang terdapat di kawasan Desa Deudap Pulo Aceh terdiri dari 44 individu pada jalur transek A, diantaranya, 4 anakan, 7 monyet muda dan 33 monyet dewasa (17 jantan dan 16 betina). Sedangkan pada jalur transek B diperoleh populasi monyet ekor panjang sebanyak 24 individu, diantaranya 5 anakan, 3 monyet muda dan 16 monyet dewasa (7 jantan dan 9 betina). Populasi monyet ekor panjang yang terdapat di tempat pengamatan adalah 68 individu/Km2.

Full Text:

PDF

References


Edy Hendras Wahyono. 2005. Mengenal Beberapa Primata Di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Jakarta: Conservation International Indonesia.

Rahmuddin. 2009. Populasi Owa Jawa (Hylobates molojh Audebert 1979) di Hutan Lindung Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat. Bogor: Sekolah Pascasarjana IPB.

Sidney. 2002. Mamalia, New York: Watts Bookns.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.