POLA DISTRIBUSI KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI DESA DEUDAP PULO NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Darnilawati Darnilawati, Nurul Arifah, Hafiz Al- Bariq, Samsul Kamal

Abstract


Lepidoptera merupakan ordo dari serangga yang memiliki ciri khas sayap besisik. Dalam persebarannya, kupu-kupu (Lepidoptera) turut andil dalam menjaga keseimbangan ekositem. Persebaran kupu-kupu (Lepidoptera) mencakup diseluruh permukaan bumi, mulai dari dataran tinggi hingga dataran rendah. Penelitian tentang pola distribusi kupu-kupu (Lepidoptera) dilakukan di Desa Deudap Pulo Nasi Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar pada bulan April 2017. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola distribusi kupu-kupu (Lepidoptera) di Desa Deudap Pulo Nasi Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan untuk memperoleh data kupu-kupu (Lepidoptera) ini yaitu metode survey eksploratif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan insect net. Perhitungan pola distribusi dengan menggunakan indeks Morisita. Identifikasi sample dilakukan di Laboratorium Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan mengunakan buku  panduan  identifikasi Lepidoptera dan jurnal Lepidoptera. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat 22 spesies dari 6 famili, 1 ordo dan 109 individu. Berdasarkan perhitungan indeks morisita pada keseluruhan penjelajahan terdapat indeks dengan nilai Id<0,07-0,87. yang terdapat di Desa Deudap Pulo Nasi Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pola distribusi kupu-kupu (Lepidoptera) yang terdapat di Desa Deudap Pulo Nasi Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar berdasarkan perhitungan dengan menggunakan indeks Morisita adalah secara seragam.

Full Text:

PDF

References


Campbell., 2003, Biologi Edisi Ke 3, Jakarta: Erlangga

Landman, W. 2001, The Complete Encyclopedia of Butterflies. Grange Books.

Mastrigt, H.V. dan E. Rosariyanto. 2005, Buku Panduan Kupu-kupu untuk Wilayah Membrano sampai Pegunungan Cyclops. Jakarta: Conservation International Indonesia.

Rahardjanto, A.K, 2001, Buku Petunjuk Dasar-Dasar Ekologi Tumbuhan, Malang: UMM Press.

Shalihah, Amalia, Gemi Pamula, Raden Cindy, Vina Rizkawati, dan Zamzam I’lamul Anwar, Kupu-kupu di Universitas Padjadjaran Jatinangor, (Bandung: Departemen Keilmuan Divisi Entomologi HIMBIO Unpad, t.t).

Sihombing, D. T. H, 2002, Satwa Harapan I : Pengantar Ilmu dan Teknologi Budidaya. Bogor: Pustaka Wirausaha Muda.

Soekardi., Herawati, 2007, Kupu-kupu di kampus Unila, Bandar lampung: Universitas Lampung Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.