SURVEY KEPADATAN LARVA Aedes sp DAN KARAKTERISTIK TEMPAT PENAMPUNGAN AIR DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

Khairun Nisa

Abstract


Tingkat kepadatan jentik merupakan indikasi diketahuinya kepadatan nyamuk Aedes sp yang akan menularkan virus dengue sebagai penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD) dan juga sebagai salah satu indikator keberhasilan kegiatan pengendalian vektor. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepadatan larva dalam House Index, Container Index, Breatau Index (HI, CI,BI) di Gampong Rukoh Kecamatan Syiah Kuala tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional. Variabel penelitian adalah kepadatan larva Aedes sp. Data dikumpulkan dengan observasi langsung pada TPA dan rumah terpilih. Hasil penelitian mendapatkan hasil House Index (HI) sebesar 88%, Container Index (CI) sebesar 38,9% dan Breteau Index (BI) sebesar 140%. Larva Aedes sp ditemukan di dalam bak mandi, dispenser, ember, dan kontainer lain seperti akuarium bekas, sumur tua, dan drum. Wadah yang paling dominan mengandung larva Aedes sp adalah bak mandi dan dispenser.


Full Text:

PDF

References


Bhatt, R.M., and Kohli,V.K. (1996), Biting Rhythms of some Anophelines in Central Gujarat. Indian J. Mal., 1996 :33, 180-190.

Demster, J.P. and Mclean, I.F.G., (1998), Insect populations in Theory

and in practice, Kluwer Academic Publisher, Dordrecht, Boston.

Depkes RI. 2003, Standar Pengawasan Program Bidang Kesehatan: Pemberantasan Demam Berdarah Dengue (DBD); Jakarta: Inspektorat Jenderal Departemen Kesehatan RI.

Dit.Jen P2M dan PLP. (2006), Program dan Kebijakan Pengendalian Vektor/

Reservoir Penyakit di Indonesia. Simposium Nasional Pengendalian

vektor dan Reservoar, 17 Desember 2006.

Djakaria, S. 1998, Vektor Penyakit Virus, Ricketsia, SpiroKeta dan Bakteri, dalam Srisasi Gandahusada, Herry Ilahude, Wita Pribadi, (Editor), Buku Ajar Parasitologi Kedokteran, Balai penerbit FKUI Jakarta.

Hasyimi, H, dan Soekirno, M., (2004), Pengamatan Tempat Pengamatan Tempat Perindukan Aedes aegypti pada Tempat Penampungan Air Rumah Tangga pada Masyarakat Pengguna Air Olahan, Jurnal Ekologi Kesehatan, Vol 3 No. 1 April 2004.

Hoedojo, R dan Sungkar, S., (2013), Morfologi, Daur Hidup dan Perilaku Nyamuk, dalam Soetanto,I., dkk (editor), Parasitologi Kedokteran, Jakarta: FKUI

Hoedojo, R. dan Zulhizar, (2013), Vektor Penyakit Protozoa, dalam Soetanto,I., dkk (editor) Parasitologi Kedokteran, Jakarta: FKUI

Irianto, K., 2002, Parasitologi, Yrama Widya, Bandung

Notoatmodjo, S. (2003), Metode Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi, Rineka Sipta, Jakarta

Widodo, H., (2013), Parasitologi Kedokteran, Yogyakarta: D.Medika.

http://www.academia.edu/6224926/Data_Penduduk_Banda_Aceh




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0