SPESIES TERIPANG DI KAWASAN PERAIRAN PANTAI NIPAH GAMPONG RABO PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Intan Permata Sari, Nur Fazilah, Putrianur Rizki, Mulyadi Mulyadi

Abstract


Teripang merupakan hewan invertebrata yang memiliki tubuh yang lunak, berdaging dan berbentuk silindris memanjang seperti ketimun. Teripang memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan makanan dengan kandungan gizi dan protein yang cukup tinggi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Destruktif dan Non Destruktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang beberapa jenis teripang yang terdapat pada Desa Rabo Kecamatan Pulo Nasi Aceh Besar. Metode Destruktif adalah pengambilan sampel dengan merusak subtraknya sedangkan metode Non Destruktif adalah metode pengambilan sampel tanpa merusak subtraknya. Penelitian ini dilakukan di 6 titik, 3 titik dengan menggunakan metode Destruktif dan 3 titik menggunakan metode Non Destruktf. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 2 spesies teripang yaitu Holothuria in edulis dengan jumlah 7 individu dan Holothuria scabra dengan jumlah 18 individu

Full Text:

PDF

References


A. Aziz. 1987. Beberapa Catatan Tentang Perikanan Teripang Indonesia dan Kawasan Indo Pasifik Barat. Oseana 2:68-78.

Darsono, P., A. Aznam, dan Djamali. 1998. Kepadatan stok teripang pada bebera-pa lokasi di Indonesia. J.Torani. 14(2):264-272.

http://www.ppkkp3k.kkp.go.id/direktoripulau/index.php/public_c/pulau_info/934, diakses pada tangga 12 Juli 2018.

Karnila, R., M. Astawan, Sukarno, dan T. Wresdiyati. 2011. Karakteristik kon-sentrat protein teripang pasir (Holo-thuria scabra) dengan bahan pengeks-trak aseton. J. Perikanan dan Kelaut-an, 16(1):90-102.

Martoyo, J., N. Aji., dan T. Winanto.2006. Budidaya Teripang(Ed).Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta

Nontji, A. 2005. Laut Nusantara. Djambatan. Jakarta. 356hlm


Refbacks

  • There are currently no refbacks.