JENIS BIVALVIA DI KAWASANEKOSISTEM MANGROVE KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH

Zahratun Nayli, Muhammad Ali Sarong, Samsul Kamal

Abstract


Bivalvia merupakan hewan bertubuh lunak dari Filum Moluska yang memiliki ukuran tubuh berkisar mulai 1 mm hingga 1 meter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis Bivalvia yang terdapatpada kawasan hutan mangrove Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan di kawasan ekosistem mangrove Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode survey eksplorative dengan mengkombinasikan dua metode transek yaitu metode transek garisdan transek kuadrat. Analisis data jenis spesies dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada ekosistem mangrove Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh terdapat 16 spesies Bivalvia yang terdiri dari 6 ordo, yaituOrdo Arcoida, Cardiida, Mytiloida, Ostreoida, Pterioida dan Veneroida. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa adalah terdapat 16 spesies yang terdiri dari 6 ordo dengan jumlah 310 individu.

Full Text:

PDF

References


Adun Rusyana. (2013). Zoologi Invertebrata. Bandung: Alfabeta.

Afkar. Djufri. M. Ali S. (2014). “Asosiasi Makrozoobenthos dengan Ekosistem Mangrove di Sungai Reuleng Leupung. Kabupaten Aceh Besar”. Jurnal EduBio Tropika. Vol. 2. No.2.

Budi sugianti, Laila Lafi, Yeni Anggraeni, dkk. (2014). Daftar Mollusca yang Berpotensi Sebagai Spesies Asing Invasif di Indonesia.Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan). Jakarta: Lentera Abadi.

Dermawan BR.Sitorus. (2008). “Keanekaragaman dan Distribusi Bivalvia Serta Kaitannya dengan Faktor Fisik-Kimia di Perairan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang”. Tesis. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Melati Ferianita Fachrul. (2007). Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Samsul Kamal dan M. Ali S. (2017). Penuntun Praktikum Ekologi Hewan. Banda Aceh: Laboratorium Pendidikan Biologi.

Tracy I. Storer dan Robert L. Usinger. (2010). Dasar-dasar Zoologi. Pamulang : Binarupa Aksara Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.