KARAKTERISTIK FILUM ECHINODERMATA DI PULAU DUA KABUPATEN ACEH SELATAN

Rikha Zulia Ningsih, Eva Nauli Taib, Elita Agustina

Abstract


Penelitian tentang Karakteristik Filum Echinodermata di Pulau Dua Kabupaten Aceh Selatan telah dilakukan pada tanggal 26-29 Mei 2018. Pulau dua merupakan pulau yang terletak di Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Salah satu jenis hewan yang terdapat di Pulau Dua yaitu hewan anggota filum echinodermata yang terdiri dari lima kelas dan memiliki bentuk dan warna yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik jenis-jenis hewan filum echinodermata secara deskripsi dan klasifikasi. Hewan-hewan ini bisa dibagi dalam 5 kelas utama yakni teripang (Holothuroidea), bintang laut (Asteroidea), bintang ular (Ophiuroidea), bulu babi (Echinoidea) dan lili laut (Crinoidea).Penelitian ini menggunakan metode survey explorative dan purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah spesies hewan echinodermata yang terdapat di Pulau Dua terdiri dari 8 family, 13 spesies diantaranya yaitu Diadema setosum, Linckia laevigata, Holothuria edulis, Holothuria atra, Echinothorix calamaris, Macrophiotix belii, Acanthaster planci, Holothuria vacabunda, Metacrinus rotundus, Ptilometra australis, Echinothrix diadema, Ophiothrix affinis dan Holopus sp. Idendifikasi ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dimulai dari bulan Mei 2018 sampai bulan Juli 2018.


Full Text:

PDF

References


Adun Rusyana. 2011. Zoologi Invertenrata. Bandung: Alfabeta.

Barnes. 1974. Invertebrate Zoology. London: Philadelphia.

Bullough. 1960. Practical Invertebrate Anatomy Reprint Edition. London: MacMillan & CO LTD.

Campbell. 2008. Biologi. Jakarta : Erlangga.

Sukmiwati. dkk., 2012. “Keanekaragaman teripang (Holothuroidea) di perairan bagian timur Pantai Natuna, Kepulauan Riau”. Jurnal Natural Indonesia. Vol. 2. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0