PROFIL ARSITEKTUR TUMBUHAN DI GUNUNG BERAPI SEULAWAH AGAM KEMUKIMAN LAMTEUBA KECAMATAN SEULIMUEM KABUPATEN ACEH BESAR

Yutika Rahayu, Muslich Hidayat

Abstract


Profil arsitektur merupakan dasar untuk memperoleh gambaran komposisi, struktur vertikal dan horizontal suatu vegetasi sehingga memberikan  informasi mengenai dinamika pohon dan kondisi ekologinya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran komposisi vertikal dan horizontal dari suatu vegetasi, sehingga dapat memberikan informasi mengenai struktur stratifikasi vegetasi, dinamika pohon dan kondisi ekologi di daerah gunung berapi Seulawah. Penelitian dilakukan pada tanggal 24 Mei 2016 melalui observasi langsung. Metode penelitian menggunakan metode Line transek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran vertikal dan horizontal ditemukan 9 jenis tumbuhan, yaitu 5 pohon dan 3 tiang. 5 pohon tersebut yaitu cengkeh (Syzygium aromaticum) dan 3 tiang tersebut adalah aren (Arenga pinnata). hasil tersebut menunjukkan tidak ada jenis tumbuhan yang mendominasi wilayah tersebut. Sehingga tumbuhan di wilayah tersebut, tergolong bervariasi.

Full Text:

PDF

References


Naemah, D. 2014. Model Arsitektur Pohon Jenis Bintangur (Calophyllum Inophyllum L.) Di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam. Jurnal Hutan Tropis. (2), (2): 171

Syariani, H. 2017. Estimasi Biomassa Serasah Daun Di Gunung Berapi Seulawah Agam Kecamatan Seulimuem Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Biotik.

Michael, P. 1995. Metode Ekologi untuk Penyelidikan Ladang. Yogyakarta: UGM Press.

Oosting, Dy. (1992). Ekologi Hutan Indonesia. Jakarta: Dip Press.

Syafie. 2009. Ilmu Ekologi, Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.