ESTIMASI BIOMASSA KARBON SERASAH DI KAWASAN HUTAN GAMPONG DEUDAP PULAU NASI, KECAMATAN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR

Maulidya Maulidya, Miszora Novita, Nur Hafsah, Nurdin Amin

Abstract


Serasah dedaunan merupakan hasil dari aktifitas alami tumbuhan. Serasah daun dapat terurai secara alami, namun membutuhkan waktu yang lama. Biomasa tumbuhan merupakan jumlah total bobot kering semua bagian tumbuhan hidup. Serasah  adalah lapisan tanah bagain atas yang terdiri dari guguran daun, ranting dan cabang, bunga, buah, serta kulit kayu, yang menyebar dipermukaan tanah di bawah hutan sebelum mengalami dekomposis. Pengumpulan data dilakukan dengan sampling plot yaitu pengukuran yang memuat panjang dan lebar yang sama. Ukuran plot adalah 1 x 1 m. Hasil Penelitian diperoleh dari total keseluruhan biomassa karbon serasah hutan di 6 stasiun pada setiap jalur diperoleh biomassa total dengan rata-rata sebesar 12719 gr. dan biomassa total seluruh hutan kampung deudap pulo aceh dengan rata-rata sebesar 2119,83 gr/ha. Diperoleh biomassa karbon serasah tertinggi dengan jumlah rata-rata 254 gr pada stasiun 2, dan diperoleh biomassa karbon serasah dengan jumlah kategori sedang rata-rata 234 gr, dan diperoleh biomassa karbon serasah terendah dengan jumlah rata-rata 221,66.

Full Text:

PDF

References


Andi Gustiani Salim. 2014.“ Produksi dan Kandungan Hara Serasah pada Hutan Rakyat Nglanggeran Gunung Kidul D.I. Yogyakarta”. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman. Vol.11 No.2.

Kusnadi, Saefudin. 2007. Keanekaragaman Jamur Selulo litik dan Amilo litik Pengurai Sampai Organik dari berbagai Substrat. Bandung: Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Tiya Zhafira. 2016. Estimasi Biomassa Karbon Serasah di Hutan Kota Putroe Phang Kota Banda Aceh Sebagai Referensi Praktikum Ekologi Tumbuhan. Banda Aceh: UIN Ar- Raniry.

Widya, K.P. 2011. Laju Dekomposisi Serasah Daun. Medan: USU Press.

Wahyu Andy Nugraha. 2010. “Produksi Serasah (Guguran Daun) pada Berbagai Jenis Mangrove di Pangkalan”. Jurnal Kelautan.Vol.3 No.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.