ESTIMASI BIOMASSA (ESTIMASI STOK KARBON) PADA POHON DI KAWASAN HUTAN PRIMER PEGUNUNGAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Feni Rulianti, Rispa Devi, Ratna Mela, Mulyadi Mulyadi, Muslich Hidayat

Abstract


Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah. Salah satu jenis hutan menurut jenis tumbuhnya adalah hutan primer, dimana hutan primer tersebut merupakan hutan alami yang belum pernah ditebang atau belum dicampuri tangan manusia, termasuk kawasan pengunungan Deudap, Pulo Aceh Kab. Aceh Besar. Karbon merupakan salah satu unsur alam yang memiliki lambang C. Karbon juga merupakan salah satu unsur utama pembentuk bahan organik termasuk makhluk hidup, hampir setengah dari organisme hidup merupakan jenis dari karbon. Biomassa merupakan bahan yang dapat diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung dan dimanfaatkan sebagai energi. Biomassa juga merupakan total jumlah materi hidup di atas permukaan pada suatu pohon dan dinyatakan dengan satuan ton berat kering per satuan luas. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui estimasi biomassa dan stok karbon pada pohon di hutan primer desa Deudap, Pulo Nasi. Pengumpulan data dilakukan secara acakdi 7 stasiun di 9 titik yang berbeda. Hasil penelitian yang di peroleh diantaranya estimasi biomasa dan stok karbon pada pohon terbanyak pada stasiun 3, 29 dan13.4387. sedangkan estimasi biomassa dan stok karbon terendah yaitu berada pada stasiun 6, 14.5050 dan 6.6723.


Full Text:

PDF

References


Elias, N.J. Wistara., 2009, Metode Estimasi Massa Karbon Pohon Jeunjing (Paraserianthes falcataria L Nielsen) di Hutan Rakyat, Artikel Ilmiah, Vol. XV, No. 2, Bogor: IPB.

Fahrudin, L., 2004, Komposisi Jenis Vegetasi Pada Hutan Sekunder Di Sekitar Kawasan Taman Nasional Lore Lindu Desa Rompo Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, Skripsi, Program Studi Manajemen Hutan Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu.

Hairiah K, S.M. Sitompul, 2001, Methods For Sampling Carbon Stocks Above and Belowground, Bogor: Local Action and Global Concerns, ICRAF.

Masripatin, dkk., 2010, Cadangan Karbon pada berbagai Tipe Hutan dan Jenis Tanaman di Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan.

Rossidy, 2008, Fenomena Flora dan Fauna dalam Perspektif Al-Qur’an, Malang: UIN Press.

Supriadi, 2011, Hukum Kehutanan dan Hukum Perkebunan, Jakarta: Sinar Grafika.

Tresnawan, H dan Upik R., 2002, Pendugaan Biomassa Diatas Tanah di Ekosistem Hutan Primer dan Hutan Bekas Tebangan (Studi kasus Hutan Dusun Aro, Jambi), Jambi: Angkasa Raya.

Yuliana Lis agustin, M. Muryono., 2001, Estimasi Karbon pada Tegakan Pohon Rhizophora stylosa Di Pantai Talang Iring Pamekasan Madura, Jurusan Biologi FMIPA Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Latifah, S., 2004. Pertumbuhan Hasil Tegakan Eucalyptus grandis di Hutan Tanaman Industri. ITI Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Lubis, Sofyan Hadi, dkk., 2013. “Analisis Cadangan Karbon Pohon pada Lanskap Hutan Kota di Dki Jakarta”. Jurnal Penelitian dan Ekonomi Kehutanan. Vol. 10. No. 1.

Usmadi Didi dkk., 2015. “ Potensi Biomassa dan Cadangan Karbon Kebun Raya Balikpapan, Kalimantan Timur”. Jurnal Buletin Karbon Raya. Vol. 18. No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.