ANALISIS VEGETASI TUMBUHAN DENGAN METODE TRANSEK (LINE TRANSECT) DIKAWASAN HUTAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Dian Novita Sari, Fitra Wijaya, Maulida Ayu Mardana, Muslich Hidayat

Abstract


Analisis vegetasi adalah suatu cara mempelajari susunan dan atau komposisi vegetasi secara bentuk (struktur) vegetasi dari tumbuh-tumbuhan. Penelitian tentang “Analisis Vegetasi Tumbuhan Dengan Metode Transek (Line Transect) Di Kawasan Hutan Deudap, Pulo Aceh,Kab. Aceh Besar” telah dilakukan pada bulan April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi vegetasi yang ada pada kawasan hutan Deudap Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode line transek  dengan panjang 60 meter serta lebar kiri kanan 10 meter dan jumlah plot yang dibuat sebanyak 15 plot. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui kondisi vegetasi tumbuhan di kawasan hutan Desa Deudap, Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 4 spesies yang memiliki angka penting tertinggi yaitu Aquilaria malaccensis sebesar 8.323, Pterospernum javanicum sebesar 8.189, Eurycoma longieflolia sebesar 7.399 dan Vitex pinnata 7.561.

Full Text:

PDF

References


Anwar, 1995, Biologi lingkungan, Bandung; Ganexa Exact.

Ary Susatyo Nugroho., 2015, “Analisis Keanekaragaman Jenis Tumbuhan Berbuah di Hutan Lindung Surokonto, Kendal, Jawa Tengah dan Potensinya Sebagai Kawasan Konservasi Burung”, Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon,Vol.1 No.3.

Heddy, S dan Kurniati, M., 1996, Prinsip-prinsip Dasar Ekologi, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Odum, E.P., 1998, Dasar-Dasar Ekologi, Jakarta: UGMP.

Soerianegara., 1998, Ekologi Hutan Indonesia, Bandung: Laboratorium Ekologi Hutan Fakultas Kehutanan IPB.

Syafei., 1990, Dinamika Populasi: Kajian Ekologi Kuantitatif, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Tania Serezova Augusta., 2015, “Identifikasi Jenis dan Analisa Vegetasi Tumbuhan Air di Danau Lutan Palangka Raya”, Jurnal Ilmu Hewani Tropika, Vol 4. No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.