STRATIFIKASI DAN MODEL ARSITEKTUR POHON DI KAWASAN HUTAN PRIMER PEGUNUNGAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Musclich Hidayat, Mira Nur Rafiqah, Yosi Mertavia

Abstract


Hutan primer adalah hutan alam yang masih utuh dan belum mengalami gangguan eksploitasi oleh manusia. Desa deudap memiliki kawasan hutan primer yaitu tempat dilaksankannya penelitian “Stratifikasi dan Model Arsitektur Pohon di Kawasan Hutan Primer Pegunungan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar”. Profil arsitektur merupakan dasar untuk memperoleh gambaran komposisi, struktur vertical dan horizontal suatu vegetasi sehingga memberikan informasi mengenai dinamika pohon dan kondisi ekologinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode line transect. Hasil penelitian menunjukkan 80 spesies tumbuhan dengan model arsitektur pohon yang paling dominan yaitu RAUH (Swietenia mahagoni) serta spesies yang terbanyak diantaranya adalah Vitex pinnata  dengan model TROLL, Santalum album model MASSART dan Pterospermum javanicum model ATTIM.  yang terdapat di hutan primer desa deudap, kecamatan Pulo Aceh, kabupaten Aceh Besar yaitu terdapat Stratifikasi tajuk dalam hutan primer pegunungan deudap yang paling dominan yaitu stratum c yang terdiri dari pohon-pohon dengan tinggi 4-20 meter.

Full Text:

PDF

References


Arrijani. (2006). Korelasi model arsitektur pohon dengan laju aliran batang, Curahan tajuk, Bogor: Institut Pertanian Bogor. infiltrasi, aliran permukaan dan erosi (Suatu studi tentang peranan vegetasi dalam konservasi tanah dan air pada Sub-DAS Cianjur-Cisokan Citarum Tengah. Disertasi.

Fahrudin, L.,2004, Komposisi Jenis Vegetasi Pada Hutan Sekunder Di Sekitar Kawasan Taman Nasional Lore Lindu Desa Rompo Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso Sulawesi Tengah, Skripsi, Program Studi Manajemen Hutan Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu.

Oldeman, LR, 1994. The Global Extent of Soil Degradation. In: Soil Resilience and Sustainable Land Use, Greenland, D.J. and I. Szabolcs (Eds.). CAB International, Wallingford, UK., pp: 99-118.

Reinhardt D, Kuhlemeier C. 2002. Plant Architecture. EMBO Reports 3:9. 846- 851.

Reza Rahmita, Dan Muzakkir., 2015, “Startifikasi Vegetasi Dan Dinamika Pohon Berdasarkan Komposisi Vertikal Dan Horizontal Di Pegunungan Sawang Ba’u Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan”, Prosiding Seminar Nasional.

Supriadi, 2011, Hukum Kehutanan dan Hukum Perkebunan , Jakarta : Sinar Grafika.

Syafei. 2009.Ilmu Ekologi, Jakarta :Erlangga.

Wawan septiawan,ddk., 2017, “Jenis Tanaman, Kerapatan, Dan Stratifikasi Tajuk Pada Hutan Kemasyarakatan Kelompok Tani Rukun Makmur 1 Di Register 30 Gunung Tanggamus, Lampung”, Jurnal Syla Lestari, Vol.5, No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.