ANALISIS VEGETASI TUMBUHAN DENGAN METODE KUADRAT PADA HABITUS HERBA DI KAWASAN PEGUNUNGAN DEUDAP PULO NASI ACEH BESAR

Sari Ufiza, Salmiati Salmiati, Hafizd Ramadhan

Abstract


Penelitian tentang Analisis Vegetasi Tumbuhan dengan Metode Kuadrat pada Habitus Herba di Kawasan Pergunungan Deudap Pulo Nasi Aceh Besar telah dilakukan pada hari Sabtu, 13 April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui vegetasi herba yang ada di kawasan pergunung desa Deudap Pulo Nasi, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dengan menggunakan metode Kuadat dengan menggunakan petak contoh persegi empat. Ukuran petak contoh yang digunakan untuk tumbuhan herba 1 x 1 m2  dengan 15 plot pengambilan sampel. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa vegetasi tumbuhan herba di kawasan pergunungan Desa Deudap (Pulo Nasi terdiri dari 23 spesies dari 13 famili. Tumbuhan herba yang dominan di jumpai adalah Cyperus rotundus.

 


Full Text:

PDF

References


Syafei., 1990. Dinamika Populasi: Kajian Ekologi Kuantitatif, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan,

Ayu, R M F, “ Studi Keanekaragaman Tumbuhan Herba pada area Tidak Bertajuk Blok Curah Jarak di Hitan Musim Taman Nasional Balura”, Artikel, (Malang: Uiniversitas Negeri Malang).

Cahyanto T, 2014, “Analisis Vegetasi Pohon Hutan alam Gunung Manglayang Kabupaten Bandung”,Jurnal ISSN, Vol. 8, N0.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0