KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG PADA BEBERAPA HABITAT DI BALOHAN KECAMATAN SUKAJAYA KOTA SABANG SEBAGAI REFERENSI MATAKULIAH ORNITOLOGI

Amul Husni, Samsul Kamal, Elita Agustina

Abstract


Keanekaragaman jenis burung pada suatu habitat di pengaruhi oleh vegetasi tumbuhan, aktivitas manusia dan ketersediaan pakan bagi burung. Habitat burung yang memenuhi ke tiga komponen tersebut akan memiliki indeks keanekaragaman burung yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis burung, indeks keanekaragaman burung, jenis tumbuhan dan bentuk referensi hasil penelitian burung pada beberapa habitat di Balohan Kecamatan Sukajaya Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan motode kombinasi titik hitung dan garis transek. Penentuan titik hitung di setiap habitat menggunakan metode purposive sampling, pengambilan sampel burung dilakukan pada lima habitat yang terdiri dari tiga titik pengamatan di setiap habitatnya. Berdasarkan hasil penelitian pada beberapa habitat, terdapat 32 jenis dari 19 famili dengan indeks keanekaragaman burung Ĥ=2,70. jenis tumbuhan yang terdapat pada beberapa habitat 15 jenis dan hasil penelitian ini di buat dalam bentuk buku saku dan modul sebagai referensi pada matakuliah ornitologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks keanekaragaman burung pada beberapa habitat di Balohan Kecamatan Sukajaya Kota Sabang tergolong sedang dan modul beserta buku saku layak di gunakan sebagai referensi.

 


Full Text:

PDF

References


Kelompok Kerja Sanitasi Kota Sabang. (2012). Buku Putih Sanitasi (BPS) Kota Sabang. Sabang : Bappeda.

Mackinno, Jhon dan Karen Philipps Bas Van Balen. (2007). Burung-Burung di Sumatra, Jawa,Bali Dan Kalimantan. Jakarta : LIPI.

Krebs, C.J. (1990). Ekology The Experimental Analisys Of Distribution and Abundance. Newyork : Harper Internasional.

Peta Lokasi Penelitian di Balohan Kecamatan Sukajaya Kota Sabang, (Modifikasi Googke Earth, 2017).

Sitahamzati, Nur dan Aunurrahim, (2013). “Keanekaragaman Burung di Beberapa Tipe Habitat Dibentang Alam Mbeliling Bagian Barat Flores”. Jurnal Sains dan Seni POMITS, 2(2):123.

Lombock V Nahattands, Peraturan Pemerintah Republic Indonesia Nomor 7 Tahun1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, 21 yayasan titiana, h.15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.