KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG AIR DI KAWASAN PANTAI DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Lisa Amalia, Khairun Sabri, Rauzatul Jannah

Abstract


Burung air  salah satu burung yang bergantung kepada ke­beradaan lahan basah. Kehadiran burung air dapat dijadikan sebagai indikator keaneka- ragaman hayati pada kawasan pantai deudap. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung air di kawasan pantai Deudap Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode titik hitung. Hasil penelitian dapat dijumpai beberapa burung air di beberapa titik yang berbeda, namun burung-burung yang terdapat seperti Ruak-ruak (Amaurornis phoenicirus) dengan jumlah 5 spesies, Elang laut ( Haliaetus leucogaster) dengan jumlah 2 spesies,  Raja udang ( A. coerulesscens) dengan jumlah 16 spesies, Cekakak jawa ( H.cynoventris) dengan jumlah 7 spesies, dari jumlah tersebut berarti terlihat bahwa jumlah A. Coerulesscens yang terbanyak ditemukan dengan jumlah 16 spesies. Berdasarkan analisis dari jenis burung yang dijumpai dan jumlah spesies yang ditemukan mendapat hasil keanekaragaman Indeks keanekaragaman=  -∑-pi lnpi=-(-2.50464) = 2.504645, data tersebut menunjukkan bahwa indek keanekaragaman burung air yang terdapat di gampong deudap, kecamanatan pulau aceh, kabupaten aceh besar adalah sedang.

 


Full Text:

PDF

References


Kristin Widyasari, dkk., “Kajian Jenis - Jenis Burung Di Desa Ngadas Sebagai Dasar Perencanaan Jalur Pengamatan Burung (Birdwatching)”, Jurnal Indo. Tour. Dev. Std, Vol.1, No.3, (2013), hal. 108.

Aronika.,Keanekaragaman Jenis Burung Air pada Beberapa Tipe Tegakan Di Hutan Pendidikan Gunung Walat, Sukabumi, Jawa Barat,Jurnal Sains dan Teknologi,Vol.1,No.1,2013, Hal 91.

Muhammad Rohyan, Keanekaragam Jenis burung di Hutan Pinus dan Hutan Campuran Muarasipongi Kabupaten Mandaling Natal Sumatra Utara, Jurnal syilvia lestari,vol.2, No.2, 2014, Hal 89-98.

Basyir Fairdaus, Keanekaragaman Jenis Burung Air di Repong Damar Pekon Pahmungan Kecamatan Pesisir Tengah Krut Kabupaten Lampung Barat, Jurnal Syilvia LestarI,Vol.2, No.2, 2014, Hal 1-6.

Agus, Interaksi dan Habitat Burung, (Yogyakarta: UGMPress 2011), Hal 59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.