INDEKS KEANEKARAGAMAN SERANGGA PERMUKAAN TANAH DIURNAL DI KAWASAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

kurnia Rahmi, Maulida Rizkina, Yora Yuni Merhastika

Abstract


Penelitianini dilakukan pada bulan april 2017 di desa Deudapkecamatanpulo Aceh kabupaten Aceh besar.Penelitian ini bertujuan untuk melihat keanekaagaman jenis seranggapermukaan tanah (diurnal) pada kawasan Deudap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perangkap jebak (pitfall trap). Hasil penelitian menunjukkan bahwa serangga yang didapat pada perangkap terdedah sebanyak 297 individu dengan 4 ordo dan 6 famili dan serangga yang didapat pada perangkap ternaung sebanyak 297 individu dengan 5 ordo dan 7 famili. Indeks keanekaragaman jenis serangga diurnal berdasarkan Shanon-Winner (H’)  pada permukaan terdedah adalah 3, dan pada permukaan ternaung adalah 2.573019. Jadi, indeks keanekaragaman serangga permukaan tanah diurnal di kawasan Deudap pulo aceh pada permukaan terdedah tergolong tinggi dan pada permukaan ternaung dikategorikan sedang.

Full Text:

PDF

References


Campbell, 2003, Biologi Jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Eka fitri, dkk, 2015, “Keanekaragaman Jenis Serangga Permukaan Tanah Diurnal PadaBiotop Terdedah Dan Ternaung Di Desa Sawang Ba’uKecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan”, Prosiding Seminar Nasional Biotik.

Kalshoven, 1981, The Pest of Crops in Indonesia, Jakarta: PT. Ichtiar Baru.

Maulita Anggraini, dkk., 2016, Keanekaragaman Insekta Permukaan Tanah Diurnal di Kawasan Rinon Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, Prosiding Seminar Nasional Biotik 2016.

Michael, 1995, Metode Ekologi Untuk Penyelidikan Lapangan dan Laboratorium. Terjemahan Yanti R. Koester, Jakarta: UI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0