KEANEKARAGAMAN JENIS COLLEMBOLA DI KAWASAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Niswatul Laeni, Qisthi Qisthi, Sus Paridaini, Rizky Ahadi

Abstract


Pulo Nasi adalah salah satu pulau dari beberapa pulau yang menjadi bagian dari gugusan kepulauan Pulau Aceh yang terletak di kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Pulau Nasi berada pada koordinat  95◦ 9’ 4.44” BT dan 5◦ 37’ 18.68” LU. Collembola merupakan mesofauna yang berperan sebagai indikator air tanah. keanekaragaman Collembola dapat mengetahui kadar kesuburan tanah di kawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman Collembola di Gampong Deudap, Pulau Nasi, Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini mengunakan metode Purposive Sampling dengan waktu yang berbeda yaitu Nocturnal dan Diurnal yang terdiri dari 5 stasiun yang masing – masing terdiri dari 5 plot terdedah dan 5 plot ternaung. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengunakan perangkap pittfall trap, peletakan perangkap jebak dipasang pukul 18:00 WIB dan pengambilan pukul 06:00 WIB. Hasil penelitian ditemukan 23 spesies dari 7 famili Collembola dengan Indeks H’= 3,891 pada pengamatan Collembola Nocturnal (terdedah), 20 spesies dari 7 famili Collembola dengan Indeks H’= 1,590 pada pengamatan Collembola Nocturnal (ternaung), 29 spesies dari 10 famili Collembola dengan Indeks H’= 3,624 pada pengamatan Collembola Diurnal (terdedah) dan 23 spesies dari 8 famili Collembola dengan Indeks H’= 3,816 pada pengamatan Collembola Diurnal (ternaung).


Full Text:

PDF

References


Fatimah, dkk. 2012. “Collembola Permukaan Tanah Kebun Karet, Lampung”. Jurnal Zoo Indonesia. 21(2).

Jumar. 2000. Entomologi Pertanian. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurdin, M. S. 2000. “Serangga permukaan tanah di Ladang serta Belukar dan Hutan Didekatnya di Bukit Pinang-Pinang Padang Sumatera Barat”. Jurnal Matematika dan Pengetahuan Alam. Vol. 2 (1).

Sari, M. 2014. “Identifikasi Serangga Dekomposer Di Permukaan Tanah Hutan Tropis Dataran Rendah (Studi Kasus Di Arboretum dan Kompleks Kampus UNILAK Dengan Luas 9,2 Ha)”. Jurnal Bio Lutura, Vol. 2 (1).

Suhardjono YR, Derhaveng L, Bedong A. 2012. Biologi Ekologi Klasifikasi Collembola (Ekor Pegas). Bogor: Vegamedia.

Warino, Joko, dkk. 2017. “Keanekaragaman dan Kelimpahan Collembola pada Perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Bajubang, Jambi”. Jurnal Entomologi Indonesia. 14(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.