KEANEKARAGAMAN JENIS MAMALIA KECIL (MURIDAE) DI KAWASAN DEUDAP PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR

cut Devi Rianisa, Intan Utamy, Manna Wassalwa

Abstract


Praktikum mengenai Keanekaragaman Jenis Mamalia Kecil (Muridae) di kawasan Pesisir Pantai Gampong Deudap, Pulau Nasi, Kabupaten Aceh Besar. Praktikum tersebut berlokasi di dua tipe habitat yaitu, kawasan semak belukar, dan disekitar pemukiman warga. Pengumpulan sampel mamalia kecil dilakukan di 2 stasiun dengan menggunakan 30 perangkap lokal. Selama praktikum berhasil mendapatkan 4 sampel yang terdiri dari dua spesies. Spesies yang terdata tersebut adalah Rattus tiomanicus (tikus pohon), dan Rattus exulans (tikus ladang). Jenis spesies yang paling banyak didapat adalah Rattus tiomanicus yaitu sebanyak 3 individu dari dua stasiun yang berbeda. Hal ini menandakan bahwa tingkat penyebaran dan kisaran makanan Rattus tiomanicus lebih luas dibandingkan dengan Rattus exulans yang hanya didapatkan 1 individu saja. Keanekaragaman tertinggi  terdapat di stasiun semak belukar dengan indeks keanekaragamannya 0,636, selanjutnya diikuti oleh stasiun pemukiman warga dengan indeks keanekaragaman 0, dikarenakan tidak adanya variasi spesies.

 


Full Text:

PDF

References


Achmadi, A. S dan Wiantoro, S. 2011. Keanekaragaman mamalia kecil di Pulau Moti. Ekologi Ternate.

Bambang Heriyanto, Ristiyanto, 2017, Binatang penular penyakit disekitar lingkungan Rumah, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

M. Yasir, Yulia Amira, Abdul Hadi Mahmud, 2017, "Keanekaragaman Jenis Mamalia Kecil (Muridae) pada Tiga Habitat yang Berbeda di Lhokseumawe Provinsi Aceh, Bioleuser, Vol. 1, No. 1.

Syamsuddin. 2007. Tingkah Laku Tikus dan Pengendaliannya. Prosiding Seminar Ilmiah dan Pertemuan Tahunan PEI dan PFI XVIII Komda Sul-Sel.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.