INDEKS KEANEKARAGAMAN BENTHOS DI PERAIRAN PANTAI DEUDAP PULO NASI KABUPATEN ACEH BESAR

Ayuniara Ayuniara, Muntahariah Muntahariah, Nursalbiah Nursalbiah

Abstract


Benthos adalah organisme yang hidup dipermukaan atau didalam sediment dasar suatu badan air. Berdasarkan ukurannya, benthos dikelompokan menjadi 3 yaitu: mikrobenthos, meiobenthos dan makrobenthos. Adapun peran benthos diantaranya mampu mendaur ulang bahan organik, membantu proses mineralisasi, menduduki posisi penting dalam rantai makanan  dan indikator pencemaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai indeks keanekaragaman jenis benthos yang terdapat di pesisir pantai Gampong Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan menggunakan dua metode, yaitu metode destruktif dan metode nondestruktif. Hasil identifikasi jenis organisme Benthos yang ditemukan di 15 stasiun penelitian di Gampong Deudap, secara keseluruhan teridentifikasi sebanyak 59 famili yang terdiri dari 73 genus dan 105 spesies. Nilai keanekaragaman dikategorikan tinggi yaitu H’= 4.141762.

Full Text:

PDF

References


Brotowidjoyo, M., dan Tribawono. 1995. Pengantar Lingkungan Perairan dan Budidaya Air. Liberty. Yogyakarta.

Fachrul,M.F. 2007. Metode Sampling Bioteknologi. Jakarta : Bumi Aksara.

Ajeng tri purnami.2010. “Study of Benthos Boyolali”.Jurnal Ekosains, Vol.2, No.2.

Borror, 2000, Ekologi Hewan, Yogyakarta: UGM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0