KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN HERBA DI DAERAH ALIRAN SUNGAI TAPAK MOGE SEBAGAI REFERENSI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN 16 TAKENGON

Seri Maryani, Yusra Yusra, Eva Nauli Taib, Muslich Hidayat

Abstract


Tumbuhan herba adalah tumbuhan yang batangnya tersusun atas jaringan lunak, tidak berkayu dan ukurannya lebih kecil dari pada pohon dan semak. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui jenis-jenis dan keanekaragaman tumbuhan herba yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang akan dijadikan sebagai referensi pendukung matapelajaran Keanekaragaman Hayati dalam bentuk buku saku dan herbarium. Penelitian ini dilakukan di Tapak Moge Kecamatan Kutepanang Kabupaten Aceh Tengah. Rancangan penelitian menggunakan metode Line Transek dan pengambilan sampel dengan teknik pembuatan petak kuadrat 1x1 meter secara Purposive sampling. Hasil penelitian keanekaragaman tumbuhan herba diperoleh indeks keanekaragaman dengan Ĥ­= 3,1286 yang berarti keanekaragamannya sedang, jenis tumbuhan herba yang paling banyak ditemukan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tapak Moge yaitu dari familia Asteraceae sebanyak 721 individu dan familia Poaceae 436 individu. Jenis tumbuhan herba yang didapatkan yaitu 48 spesies dan 23 famili. Buku saku dan herbarium dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran keanekaragaman Hayati di SMA N 16 Takengon sebagai referensi dan media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Ashari Sumeru, Holtikultura Aspek Budidaya, Jakarta: UI:PRESS, 1995.

Benyamin, Lakitan, Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan, Jakarta: Raja Grafindo, 2004.

Cecep Kusmana, “Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas) Sebagai Elemen Kunci Ekosistem Kota Hijau”, Jurnal Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon, Vol. 1, No. 8, Desember 2015.

Emirhadi Sugandi, “Pengelolaan Lingkungan dan Kondisi Masyarakat pada Wilayah Hilir Sungai “, Jurnal Sosial Humaniora , Vol.13, No.2, Desember 2009.

Espig G. Bitner A, Ekologi, Jakarta: Obor Indonesia, 1988.

Franklin. Garden, Fisiologi Tanaman, Jakarta: UI Press, 1991.

Hertien Koosbandiah dkk., “Releksi Fungsi Lahan Terhadap Biodiversitas Tumbuhan di Daerah Aliran Sungai Cilaja, Ujung Berung”, Jurnal Biodjati, Vol. 1, No. 1, November 2016.

Indrianto, Ekologi Hutan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Kimball, J, W, Biologi Jilid Tiga, Jakarta: Erlangga, 1999.

Mochamad Indrawan, Biologi Konservasi. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2007.

Nalola Paul, Tanaman Budidaya Indonesia, Jakarta: CV Yasaguna, 1986.

Rizka Ayu, dkk., “Studi Keanekaragaman Tumbuhan Herba pada Area Tidak Bertajuk Blok Curah Jarak di Hutan Musim Taman Nasional Baluran”, Jurnal FMIPA Biologi, Vol.7, No.2, April 2006.

Van Steenis, Flora Ekologi, Jakarta: Pranya Naramita, 1978.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.