KEANEKARAGAMAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA (FMA) PADA BEBERAPA JENIS POHON DI KAWASAN HUTAN PRIMER DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Nupus Naulfa, Ufra Ufra, Ulfa Jasmida, Mulyadi Mulyadi

Abstract


Deudap merupakan salah satu kawasan yang terletak di kecamatan Pulo Aceh, kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk  mengetahui Keanekaragaman Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Pada Beberapa Jenis Pohon di Kawasan Hutan Primer di desa Deudap pulo Aceh kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks keanekaragaman mikoriza dikawasan hutan primer Deudap pulo Aceh kabupaten Aceh besar sebesar 2,0949181. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keanekaragaman mikoriza di desa Deudap pulo Aceh kabupaten Aceh besar relatif sedang Spesies mikoriza di desa Deudap pulo Aceh kabupaten Aceh didominasi oleh spesies Glomus sp. dan yang paling sedikit ditemukan adalah spesies Acaulospora denticulata dan Acaulospora lacunosa.


Full Text:

PDF

References


Habte, M. 2000. Mycorrhizal Fungi and PlantNutrition. In J. A. Silva dan R. Uchida, (Eds.). Plant Nutrient Management in Hawaii’s Soils, Approaches for Tropical and Subtropical Agriculture. P. 127-131. College of Tropical Agriculture and Human Resources, University of Hawaii at Manoa

Onesia Honta Prasasti, dkk. 2013. “Pengaruh Mikoriza Glomus fasciculatum Terhadap Pertumbuhan Vegetasi Tanaman Kacang Tanah yang Terinfeksi Patogen Sclerotium rolfsii”.Jurnal sains dan Seni pomits, Vol.2. No.2.

Pujiyanto. 2001. Penamfaatan Jasad Mikro, Jamur Mikoriza dan Bakteri Dalam Sistem Pertanian Berkelanjutan Di Indonesia.Tinjauan dari perspektif falsafah sains. Makalah Falsafah Sains Program Pasca Sarjana Institute Pertanian Bogor : Bogor.

Romauli Theresia Nainggolan, dkk. 2014. “Identifikasi Fungi Mikoriza Arbuskular Secara Mikroskopis pada Rhizosfer Tanaman Alang- Alang ( Imperata cylindrica L.) di Desa Sanur Kaja”.Jurnal Agroteknologi Tropika, Vol.3, No.4.

Zulferdi, dkk. 2014. “Status dan Keanekaragaman Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) pada Lahan Produktif dan Lahan non Produktif”.Jurnal Pertanian Univ. Sumatera Utara, vol.1, No2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0