KEANEKARAGAMAN POHON DI KAWASAN PEGUNUNGAN DEUDAP PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR

Arina Dini, Laina Mukarramah, Nina Devita Sari

Abstract


Upaya Penelitian tentang “Keanekaraman Jenis Pohon di Kawasan Pegunungan Deudap Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar” telah dilakukan pada bulan April 2017. Tujuan penelitian Keanekaraman Jenis Pohon di Kawasan Pegunungan Deudap Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar adalah untuk mengetahui jenis dan keanekaragaman pohon yang terdapat di wilayah tersebut. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah dengan mengidentifikasi jenis-jenis pohon di area penelitian dan menghitung indeks keanekaragaman pohon di kawasan pegunungan Deudap Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksploratif dengan cara melakukan observasi langsung pada lokasi dan objek pengamatan. Pengumpulan data menggunakan metode transek (line transek). Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus indeks keanekargaman dengan rumus Shannon Wiener. Hasil penelitian menunjukkan adanya 110 spesies yang merupakan anggota dari 39 famili, dan terdiri dari 489 individu yang mendomisili lokasi penelitian adalah tumbuhan  Pterospermum javanicum,  dan Vitex pinnata  sebanyak 27 individu, Family yang memiliki jumlah spesies relatif banyak yaitu, Lauraceae 13 spesies dan Fagaceae 8 spesies. Berdasarkan perhitungan indeks keanekaragaman, diketahui  bahwa indeks keanekaragaman pohon pada keseluruhan di Kawasan Pegunungan Deudap Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besartergolong tinggi dengan nilai Ĥ’ = 4,177.


Full Text:

PDF

References


Ashton, P.S., and P. Hall. 1992. “Comparisons of structure among mixed dipterocarp forests of north-western Borneo”. Journal of Ecology.

Nursal. 2013. “Karekteristik Komposisi Dan Stratifikasi Vegetasi Strata Pohon”. Jurnal Biogenesis. Vol. 9. No. 2.

Syafei. 2009.IlmuEkologi, Jakarta :Erlangga.

Tri Lestari, Zainal Abdi, Joko Widodo, Yohanes, 2008.” AnalisisVegetasi di Lahan Bekas Penambangan Timah Desa Rebo, Kabupaten Bangka”, Jurnal Program studi agroteknologi Universitas Bangka Belitung. Vol 2 (2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.