MENINGKATKAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM BERDISKUSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)

Mulyadi Mulyadi, Erna Diana

Abstract


Pelaksanaan kegiatan pembelajaran sains hendaknya dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa ke arah yang lebih matang, bekerjasama, bersikap terbuka, percaya diri, memiliki keterampilan kerja, keterampilan komunikasi dan keterampilan sosial lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan mahasiswa dalam diskusi kelas melalui model pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA). Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 4 Program studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode resitasi menggunakan model pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA). Mahasiswa diminta untuk membaca topik perkuliahan kemudian mengambil intisari dan menyusun pertanyaan yang substansial dari hasil bacaan tersebut. Materi yang ditugaskan adalah Bryophyta dan Pteridophyta. Keaktifan dalam diskusi kelas dinilai saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan rubrik diskusi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi dari tahapan-tahapaan yang telah dilaksanakan. Dengan demikian penerapan model Reading Questioning and Answering (RQA) dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah

Full Text:

PDF

References


Bahtiar. 2011. Potensi Pembelajaran yang Memadukan Strategi Think Pairs Share (TPS) dengan Reading Questioning and Answering (RQA) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA Multietnis di Ternate. Makalah yang Disampaikan Pada Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Corebima, A. D. 2009. Pengalaman Berupaya Menjadi Guru Profesional. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada FMIPA UM. Disampaikan pada Sidang Terbuka Senat UM, tanggal 30 Juli 2009. Malang: UM.

Dahar, Wilis Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajarannya. Bandung: Erlangga.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia

Hasanuddin. 2013. Pengaruh Pembelajaran Reading Questioning and Answering dipadu Think Pair Share Berbasis Lesson Study Terhadap Ketrampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan. Disertasi. Tidak Dipublikasi. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hartono. 2010. Strategi pembelajaran active learning. Artikel. Tersedia pada http://sditalqalam.wordpress.com.

Irani, T., Rudd, R., Gallo, M., Ricke. S, J., Friedel, C., dan Rhoades, E. 2007. Critical thinking instrumentation. manual. University of Florida.

Khairil. 2009. Potensi Model Perkuliahan Genetika di Jurusan Biologi FMIPA UM dalam Memberdayakan Kemampuan Metakognisi, Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Disertasi. Tidak Dipublikasi. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Santyasa, I.W. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Makalah: Disajikan dalam Pelatihan tentang Pembelajaran dan Asesmen Inovatif bagi Guru-Guru Sekolah Menengah di Kecamatan Nusa Penida, tanggal 23-24 Agustus 2008.

Sumampouw, Herry. 2012. Strategi RQA dalam Perkuliahan Genetika Berbasis Metakognitif dan Retansi. Makalah Yang Disampaikan Pada Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya. FMIPA Universitas Negeri Malang, 15 Oktober 2012.

Suprapto, Nadi, Suliyanah dan Admoko Setyo. 2013. Pembelajaran Fisika di SMA Melalui Pertanyaan (Learning by Questioning) dan Ketrampilan Berpikir. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol. 3 (2): 1-11.

Tilaar, H. A. R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rinneka Cipta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.