PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPN 1 JEUMPA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Yenni Erlija, Samsul Kamal, Nurasiah Nurasiah

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah aktivitas belajar siswa rendah. Rendahnya aktivitas ini dapat disebabkan karena penggunaan model dan media yang digunakan masih didominasi dengan metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu permasalahan tersebut perlu dicari solusi, yaitu dengan mengembangkan model dan media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran think talk write berbasis lingkungan pada materi ekosistem di SMPN 1 Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dalam bentuk One-Group Pretest-postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Jeumpa yang  terdiri dari 5 kelas, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII 3 yang berjumlah 23 siswa dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data hasil belajar menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis statistik menggunakan t-tes diperoleh thitung = 16,70 sedangkan ttabel = 1,71 sehingga thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model think talk write berbasis lingkungan pada materi ekosistem terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Darmiyati, Z. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca, Yogyakarta: UNY Press.

Djamarah, B. S. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Khairah, D. I. U. dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Mangaran Situbondo. Jurnal Edukasi, Vol. 4, No. 3.

Mashfufah, A. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Diskusi Pada Pokok Bahasan Evolusi. Jurnal Pena Sains, 3(1).

Purwanta, A. M. I. 2013. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMPN 3 Susut Pada Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Ajaran 2012/20013”. Skripsi.

Salam, B. 2002. Pengantar Pedagogik Dasar-Dasar Ilmu Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2004. Metodologi Pendidikan dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni, S. 2015. Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN Sidomulyo 03 Semboro Tahun Pelajaran 2013/3014. Jurnal Pancaran, Vol. 4, No. 3.

Yanuarta, L. dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dengan Teknik Talking Stick Dalam Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar IPA-Biologi. Jurnal Pancaran, 3(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.