PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA VISUAL PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA

Elita Agustina, Wati Oviana

Abstract


Pembelajaran aktif adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Belajar aktif merupakan langkah cepat, menyenangkan  dalam meningkatkan pemahaman materi. Upaya untuk mendukung pemahaman materi dibutuhkan model dan media yang tepat sesuai dengan materi  yang dibelajarkan. Dalam belajar aktif yang paling penting siswa dapat  memecahakan masalah  secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas  belajar siswa dengan model discovery learning  dan media visual pada kingdom animalia. Metode  yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwasannya aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada  pertemuan 1 rata-rata 82,95%, pada pertemuan 2 yaitu 86,36 dan pada pertemuan 3 yaitu 90,68%. Angka-angka tersebut meunjukkan  aktivitas belajar  siswa berada  pada kategori sangat aktif, sedangkan pada kelas kontrol pertemuan 1 yaitu 65,90%, pada pertemuan 2 yaitu 68,18% dan pada  pertemuan ke  3 yaitu 77,84% yang menunjukan aktivitas belajar siswa pada kategori aktif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan model discovery learing dan media visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi kingdom animalia.


Full Text:

PDF

References


Hadi Amirul. 1995. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik Omar. 2011. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Anang. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran,Bandung: Refika Aditama.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 103 tahun 2014 tentang Kurikulu 2013 Sekolah Menengah Atas Madrasah Aliyah, Jakarta: Kemendikbud.

Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press.

R Herry. (2007). Media Pembelajaran, Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winarni. 2016.“Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menigkatkan Oral Aktivities Siswa SMA” Jurnal:Bioedukasi, Vol. 9, No. (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.