IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUALA KABUPATEN BIREUEN

Cut Ila Annabila, Nurasiah Nurasiah, Eva Nauli Taib

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas  belajar siswa yang masih berkurang secara maksimal dalam proses pembelajaran. Selama ini, pelaksanaan pembelajaran masih didominasi dengan metode ceramah dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta kurangnya pasrtisipasi siswa dalam pembelajaran  sehingga berpengaruh pada aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  aktivitas belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia melalui model pembelajaran aktif tipe Peer Lessons. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kuala Kabupaten Bireuen  berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk guru dan lembar observasi untuk siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rerata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I mencapai 80% dengan kriteria baik Siklus II mengalami peningkatan yaitu 92,5% dalam kriteia sangat baik Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I hanya mencapai 56,35% dengan kriteria kurang dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 73,35% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran aktif tipe peer Lessons dapat meningkatkan aktivitas  belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia.


Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono, 2005, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.

Dimyati dan Mudjono, 2006 Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif tipe Peer Lessons untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMPN 2 peusangan,2015, Matang gelumpang Dua: Universitas Almuslim.

Sadirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar,2011 Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setianingsih, 2013, “Model Pembelajaran Peer Lessons dengan supertitem untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013”Jurnal Pendidikan. Vol. 2. No. 2

Yuli yani, 2014, ” Upaya meningkatkat aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran (NHT) Number head together pada mata pelajaran IPS di SMK 1 Suka Bumi, Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No.2.

Darmansyah, 2012, Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor, Jakarta:Bumi Aksara.

Muhibbin Syah, 2006, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman, 2011, Model-model Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winna sanjaya , 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana Prenada Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.