PEMANFAATAN DAN PENGELOLAAN LABORATORIUM BAGI GURU IPA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DAN SWASTA ACEH BESAR

Nurlia Zahara, Elita Agustina

Abstract


Laboratorium merupakan salah satu sarana prasarana yang disiapkan untuk membantu peningkatan mutu pembelajaran. Pemanfaatan laboratorium dapat meningkatkan mutu pembelajaran.Selama ini guru Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta di Aceh Besar masih kurang memanfaatkan laboratorium, salah satu alasannya adalah kemampuan guru dalam menggunakan alat dan bahan masih kurang serta guru belum terbiasa membuat LKS. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemanfaatan laboratorium di sekolah mengah pertama. Sampel dalam penelitian ini adalah guru bidang studi IPA di Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta Aceh Besar. Pengambilan data dilakukan dengan angket dengan melihat tahapan pemanfaatan laboratorium dari tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan program kerja serta pengawasan dan evaluasi program kerja. DariĀ  hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahapan perencanaan pada kategori baik pengorganisasian pada kategori baik, pelaksanaan program kerja pada kategori baik serta pengawasan dan evaluasi program kerja pada kategori cukup.


Full Text:

PDF

References


Anton Silas Sinery, dkk., 2015, Potensi dan Strategi Pengelolaan Hutan Lindung Wosi Rendani, Yogyakarta:Deepublish.

Arifin, M dan Barnawi. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Day, C. 2002. Developing Teachers The Challenges of Life Long Learning. London: Falmer Press.

Depdiknas. 2007. Standar Kompetensi, Kualifikasi, dan Sertifikasi Tenaga Laboratorium Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Lubis M. 1993. Materi Pokok Pengelolaan Laboratorium IPA. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara DIII Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Novianti N. R., 2011, Kontribusi Pengelolaan Lab dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran, Malang:Journal of Teacher work, Volume 4 issue 2, 89-98.

Purwanto, A. 2007. Panduan Laboratorium Statistik Inferensial. Jakarta: Grasindo.

Rosada, D., Nur K., dan Raharjo. 2017. Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susilo dan Gufron A. 2018. Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal Soma. Vol 7 (1). Hal: 127-137.

Wirjosoemarto, K., Adisendjaja, Y. H., Supriatno, B. Riandi. 2002. Teknik Laboratorium. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.