PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA SUB MATERI ENZIM DI KELAS XII MAS DARUL AITAMI ACEH SELATAN

Indah Fakinah A.R, Eva Nauli Taib, Elita Agustina

Abstract


Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di MAS Darul Aitami Aceh Selatan masih kurang, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya menerapkan praktikum dan keterbatasan media. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis praktikum. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa MAS Darul Aitami dengan penerapan pembelajaran berbasis praktikum pada sub materi enzim. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Pre Eksperimen dengan bentuk desain One Group Pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MAS Darul Aitami, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XII IPA yang terdiri dari 34 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi untuk mengamati keterampilan proses sains siswa  dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa.  Hasil observasi keterampilan proses sains siswa pada pertemuan pertama 71,43% yang tergolong katagori baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua 76,78% dengan tergolong katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre test yaitu 53,12 dan nilai rata-rata post test yaitu 71,56. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (thitung ­= 5,786  ≥ ttabel = 2,040) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis praktikum pada keterampilan proses sains siswa tergolong baik  dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi enzim di kelas XII MAS Darul Aitami Aceh Selatan.


Full Text:

PDF

References


Muhammad, A. 1985. Penelitian, Kepribadian, Proses dan Strategi. Bandung: Bingkara.

Kurniawati, L. 2015, “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon”, Jurnal Eduma, Vol. 4, No. 2.

Sudjana, N. 2005. CBSA dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, Cet. 5.

Diponegoro. 2009. Al-Kalam, Al-kalam Digital Versi 1.0. Bandung: Penerbit Diponegoro.

Purwanto. 2011. Statitiska Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip Dasar dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Soenarjo. 2006. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Depag RI.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2004. Metodelogi Pendidikan kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.