DESAIN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA TINGKAT SMP DI KECAMATAN SUKAMAKMUR DAN KUTA MALAKA

Maulita Anggraini, Fakhri Yacob, Muslich Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media audio-visual pada pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia setingkat siswa SMP di Kecamatan Sukamakmur dan Kuta Malaka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang sudah diadaptasi melalui tahap-tahap: 1) Analisis 2) Desain, 3) Pengembangan Produk, dan 4) Validasi. Tahap pengembangan diawali dengan tahap produksi yang menghasilkan produk awal, kemudian dilakukan validasi oleh ahli media, ahli ilmu teknologi, ahli materi dan guru ahli. Setelah direvisi, kemudian divalidasi kembali. Data yang dikumpulkan adalah data hasil validasi oleh ahli media, ahli ilmu teknologi, ahli materi dan guru ahli. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian/validasi untuk ahli media, ahli ilmu teknologi, ahli materi dan guru ahli dengan beberapa aspek penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: desain media audio-visual untuk pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia yang sudah teruji validitasnya adalah desain media audio-visual yang sangat baik (90,78%) untuk digunakan dalam rancangan media pembelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia tingkat SMP di Kecamatan Sukamakmur dan Kuta Malaka.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, dkk. 2001. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Agus Sale, 2009. Tutorial Lengkap Power Point 2007, Jakarta: Belajar Komputer dan Internet.

Amaliyah. 2013. Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”, Jurnal PGSD, Vol. 1, No. 2, Surabaya.

Arief Sadiman S. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ardita Nirmala Putri, dkk. 2012. Epistimologi Ontologi Aksiologi Pengethuan Sains, Jakarta: Filsafat Ilmu.

Arsyad Azhar. 2011. Media Pembelajaran, Jakarta: Grafindo Persada.

Cece Wijaya. 1988. Upaya Pembaruan dalam Pendidikan dan Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar, Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, dkk, 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Djudju Sudjana. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Jakarta: Grasindo.

Elisa Wulandari. 2014. Pengembangan Desain Media Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Prezi Pada Standar Kompetensi Korespondensi Bahasa Indonesia Smk Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran, Yogyakarta: dipertahankan di depan Tim Penguji Tugas Akhir Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Fitri Indriani. 2013. Pemanfaatan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa, Lampung: Tesis program Pascasarjana Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung.

Joni Purwono, dkk. 2014. “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan”, Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.2, No.2, Pacitan.

Mulyasa E, 2008Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakterisitik, Implementasi dan Inovasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murniati, 2008. Manajemen Stratejik, Medan: Cv. Perdana Mulya Sarana.

Musriadi, 2016. Profesi Kependidikan Secara Teoritis dan Aplikatif Panduan Praktis bagi Pendidikan dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Deepublish.

M. Basyirudin Usman, dkk. 2002. Media pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Moekti Ariebowo, dkk. 2010. Praktis Belajar Biologi, Jakarta: Visindo Media Persada.

Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurma Yunita Indriyanti, dkk. 2010. Pengembangan Modul, Surakarta: Universitas Sebelah Maret.

Oemar Hamalik, 2005. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Siti Zubaidah, Susriyati Mahanal, Lia Yuliati, Darsono Sigit, 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam / SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sobry, 2008. Manfaat Media Audio Visual, Bandung : PT Refika Aditama.Sudjana N, Rivai A, 2011. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik, Prestasi Pustaka , Jakarta: Edukasi.

Wina Sanjaya, 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Wiwi Andriani, 2011. Pengembangan E Learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas XI SMA”, Yogyakarta: Tesis tidak dipublikasikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.