PEMANFAATAN MEDIA KARTU IDENTIFIKASI PADA MATERI PROTISTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA

Nafisah Hanim, Eriawati Eriawati

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah pemanfaatan media yang kurang sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media kartu identifikasi pada materi protista. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar pada bulan September 2017. Metode yang digunakan adalah metode pre experimental dengan desain one group pretest and postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA3 yang berjumlah 23 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data hasil belajar diperoleh dari nilai pretest dan nilai postest. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media kartu identifikasi pada materi protista dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar dengan rata-rata nilai pretest yaitu 30,43 sedangkan rata-rata nilai postest yaitu 81,08 dengan selisih (Gain) antara nilai pretest dan postets yaitu 50,65, dan N-gain yaitu 0,72 dengan kategori tinggi. Hasil uji statistik menujukkan thitung = 20,92 dan ttabel = 1,72 pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dan db = 22, sehingga thit. 20,92 > ttab. 1,72. Sehingga dapat simpulkan bahwa media kartu identifikasi dapat meningkatkan hasil belajar SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar.


Full Text:

PDF

References


Ena Marsutji Setia Bakti, Suparmi dan Widha Sumarno. 2013. Pembelajaran Biologi Melalui Metode Eksperimen dengan Laboratorium Virtuil Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, Vol. 2, No. 3.

Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti

Sadiman, Arief. S., dkk. 2008. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, (2006). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt` Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Joko. 2012. Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Journal of Primary Educational, Vol. 1, Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.