PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V MIN 38 ACEH BESAR

Yulia Wulandari, Misbahul Jannah

Abstract


Seorang guru dituntut untuk kreatif dalam menyampaikan materi dengan menggunakan model-model yang bervariasi dan sesuai dengan materi yang akan ia sampaikan sehingga para siswa tidak merasa jenuh dengan perlakuan pembelajaran yang hanya begitu saja. Salah satu model yang bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA adalah model Project Bassed Learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam materi bencana alam melalui model PjBL di kelas V MIN 38 Aceh Besar (2) untuk mengetahui respon siswa pada materi bencana alam melalui model PjBL di kelas V MIN 38 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek siswa kelas V MIN 38 Aceh Besar tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 17 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Soal tes hasil belajar (2) Angket. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa(1) Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam materi bencana alam melalui model PjBL di kelas V MIN 38 Aceh Besar, dimana thitung> ttabel yaitu 3,993> 1,746. (2) Siswa memberikan respon yang positif pada materi bencana alam melalui model PjBL di kelas V MIN Aceh Besar. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bencana alam di kelas V MIN 38 Aceh Besar, juga respon yang positif diberikan oleh siswa pada materi bencana alam di kelas V MIN 38 Aceh Besar.


Full Text:

PDF

References


Djehan Nur Mulyani. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Project Bassed Learning Pada Siswa Kelas V di SD ISLAM AL-SYUKRO UNIVERSAL, diakses pada tanggal: 10 maret, 2017, melalui situs, http://repository.uinjkt. ac.id/dspace/bitstream/123456789/25451/3/DJEHAN%20NUR%20MULYANI-FITK.pdf.

Fadjar Malik.2009. Madrasah dan Tantangan Modernitas,(Bandung: YAS-MIN)

Kokom komalasari. 2011. Pembelajaran kontekstual, (Bandung: Refika Aditama)

Made Wena, 2006. Strategi Pembelajaran Kontemporer. (Jakarta: Bumi Aksara)

Mohammad Ali. 2009. Pendidikan dan PembangunanNasional,(Bandung:Imperial Bhakti)

Septarini rosalina,2017. Penggunaan Model PJBL untuk Meningkatkan Kemampuan Penerapan Konsep Sifat-sifat Cahaya, diakses pada tanggal 6 maret 2017, melalui situs, http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/download/3983/2807.

Sugiyono. 2008. Metode penelitian kuantutatif, kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabeta)

Tuti Kusniarti. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran(Malang:Universitas Muhammadiyah)

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,-progresif (Jakarta: Prenada Media).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.