PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 2 BANDAR DUA

Zuraida Zuraida, Cut Nurul Asma

Abstract


Penelitian berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Konsep Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia di SMP Negeri 2 Bandar Dua”. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengggunakan model pembelajaran Learning cycle 5E pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia. Metode penelitian menggunakan desain one group pre-test post-test yang dilakukan di kelas VIIB SMP Negeri 2 Bandar Dua. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket.  Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran model Learning cycle 5E mengalami peningkatan dengan skor N-gain berkategori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran mendapat respon positif serta kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran telah diberikan alternatif solusi. Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa penerapan pembelajaran  model Learning cycle 5E yang digunakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Bandar Dua konsep sistem pencernaan makanan pada manusia.


Full Text:

PDF

References


Apriyani. 2010. Penerapan Model Learning Cycle 5E dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 2 Sanden Kelas VIII pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas”. Skripsi Sarjana Pendidikan Sains. Universitas Negeri Yogyakarta.

Baharuddin. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bybee, R.W., Taylor, J.A., Gardner, Pamela V.S., Janet, C.P., Anne, W., Nancy, L. 2006. The BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness. Mark Dabling Boulevard: Colorado Spring, CO.

Campbell, N. A., Reece, J. B., & Mitchell. L. G,. 2010. Biologi Jilid 3 Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2013. Permendiknas Nomor 63 Tahun 2013 Tentang Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Diana dan Rohima. 2009. IPA Terpadu untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan: Departemen Pendidikan Nasional.

Fitriani,S., Sudin., dan Sudjana, A. 2016. “Penerapan Model Learning cycle Pada Materi Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IVA SDN I Depok kecamatan Depok Kabupaten Cirebon”. Jurnal Pena Ilmiah: Vol.1.

Hardiyasa. I.M., Suma. K., Sadia. I. W,. 2014. “Pengaruh Model Siklus Belajar 5E Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Motivasi Beprestasi Siswa”. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol 4 Tahun 2014.

Hake, Richard R. 1999. Analyzing change/gain scores. USA: Dept. Of Physics, Indiana University.

Hidayat, R. 2014. Implementasi Model Learning Cycle 5E Berbasis Guided Discovery untuk Membantu Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Kemendikbud. 2014c. Permendikbud Nomor 104 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Kurinasih, I., dan Berlin, S. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Kulsum. U., dan Hindarto, N. 2011. “Penerapan Model Learning Cycle pada Sub Pokok Bahasan Kalor untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 Tahun 2011: (128-133).

Jannah, A,. Laili, F,. Eka, A. 2012. Pengaruh Modul Berorientasi Siklus Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan di SMP. Diakses melaui http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/3322/pdf..Tanggal 30 Mei 2015.

Madu, B.C. 2012. Effect of Five Step Learng Cycle Model on Student Understanding Of Concepts Related to Elasticity”. Journal of Education and Practice. Vol 3. No.9 2012. Web.iiste.org.

Meltzer. 2002. “The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: Posible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Scores”. American Journal of Physics.

Mudjiono. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nur, M. 2008. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Tentang Kerangka Dasar Dan Struktut Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas

Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Qarareh, A. O. 2012. “The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders”. International journal of Educational Science, Vol. 4 No. 2, PP. 123-132.

Sa’diyah, H. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Limbah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Sugiono. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suastha, R.D. 2016. Unesco soroti Kesenjangan Kualitas Pendidikan di Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160906155806-20-156462./unesco-soroti-kesejangan-kualitas-pendidikan-di-indonesia. Diakses Tanggal 20 Juli 2017.

Sudjana, N. 2005. Model Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Slavin, R.E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks.

Riduwan. 2010. Skala pengukuran variabel-variabel penelitian.Bandung: Alfabeta.

Trianto, Y. 2008. Paradigma Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Zuraida. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Model Siklus Belajar 5E untukMeningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Ekologi. Makalah Pada Seminar Nasional Biologi Unsyiah 2017. Tema Pendidikan Biologi Untuk Masa Depan Bumi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.