PENGARUH PEMBELAJARAN DIAGRAM ROUNDHOUSE DISERTAI MODUL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Ida Safitri, Elisa Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran diagram roundhouse disertai modul terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan ditinjau dari pengetahuan awal siswa di SMPN 1 Muara Batu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2018. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Muara Batu dengan dua kelas sampel yaitu kelas VII.1 untuk kelas eksperimen berjumlah dan kelas VII.2 untuk kelas kontrol. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (Independent Sample T-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran diagram roundhouse disertai modul terhadap kemampuan kognitif dengan thitung > ttabel (2,498 > 2,018) pada taraf signifikansi 5%. Mengalami peningkatan kemampuan kognitif dengan N-Gain lebih tinggi kelas eksperimen (73,73) dibandingkan dengan kelas kontrol (65). Selanjutnya terdapat korelasi positif antara rata rata pretes yang dihasilkan siswa dengan rata rata N-Gain yaitu rhitung lebih besar dari rtabel (0,476 > 0,423). Uji korelasi ini dapat asumsi kemampuan awal yang baik diharapkan siswa semakin paham terhadap suatu konsep sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran diagram roundhouse disertai modul berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif siswa ditinjau dari pengetahuan awal pada materi pencemaran lingkungan di SMPN 1 Muara Batu.


Full Text:

PDF

References


Archambault, J. 2008. The Effect of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Arizona: State University.

Demircioğlu, H. 2005. Conceptual Change Achieved Through A New Teaching Program on Acids and Bases. Chemistry Education Research and Practice”. 6 (1): 36-51.

Dochy, F. J. R. C. 1996. Prior Knowledge and Learning. Dalam Corte, E. D., & Weinert, F.(eds.): International Encyclopedia of Developmental and Instructional Psychology. New York: Pergamon.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ward, R. and Donna Dugger. 2012. Middle School Students with Exceptional Learning Needs Investigate the Use of Visuals for Learning Science. Journal Teaching & Learning. 7(1): 1-20.

Wibowo, Y. 2012. Pengaruh Pembelajaran Diagram Roundhouse terhadap Kemampuan Kognitif dan Metakognitif Siswa SMAN 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Jurnal Bioedukasi. 5 (2 ): 39-49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.