ANALISIS KESESUAIAN TIPE KECERDASAN MAJEMUK DENGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH EVOLUSI

Dewi Andayani, Khairil Khairil

Abstract


Penelitian dengan judul analisis kesesuaian tipe kecerdasan majemuk dengan gaya belajar mahasiswa pada mata kuliah evolusi, penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan persentase kesesuaian tipe kecerdasan majemuk dengan gaya belajar mahasiswa pada mata kuliah evolusi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 September sampai dengan 10 November 2017. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan jumlah sampel 50 mahasiswa yang mengikuti kelas evolusi. Data yang dieperoleh dari hasil tes tipe kecerdasan majemuk dan tes penentuan gaya belajar mahasiswa dihitung persentase tingkat kesesuaian kedua hal tersebut. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 70 % mahasiswa memiliki tipe kecerdasan majemuk yang sama persih dengan gaya belajarnya, 22% mahasiswa yang memiliki tipe kecerdasan majemuk yang hampir sama persis dengan gaya belajarnya,  dan terdapat 8% mahasiswa yang tidak memiliki tipe kecerdasan majemuk yang sama dengan gaya belajarnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum terdapat kesesuian anatara tipe kecerdasan majemuk dengan gaya belajar yang dimiliki oleh mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran mata kuliah evolusi.


Full Text:

PDF

References


Barrington, E. (2004). Teaching to Student Diversity in Higher Education: How Multiple Intelligence Theory Can Help. Teaching in Higher Education. 9(4):21-434. Tersedia pada http://www.tandfonline.com. Diakses pada 15 Januari 2016.

Bobbi, D.P. (2005). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruangan Kelas. Bandung: Mizan Pustaka.

Chatib, M. (2009). Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.

Griggs, Lee Ann, S., Barney, J., Brow-sederberg, E.,Colin, S. Keith., and L., Iannacci. (2009). Varying Pedagogy to Address Student Multiple Intelligences. Human Architecture. Journal of The Sociology of Self-Knowledge. 7(1):55-60. Tersedia pada http://www.okcir.com. Diakses 22 November 2016.

Gunawan, A.W. (2012). Born To Be A Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jasmine, J. (2012). Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa.

Visser, B.A, M.C, Ashton, and P.A., Vernon. (2006). Beyond: Putting Multiple Intelligences Theory to the Test. Elsevier. ELSEVIER. 34 :487–502, Tersedia pada http://www.sciencedirect.com. Diakses pada 21 April 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.