PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN TUMBUHAN MELALUI PENGARUH PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KOMIK DI SMP NEGERI 1 MONTASIK ACEH BESAR

Cut Nasriyati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasiskomik yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi organ tumbuhan di SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar. Penelitian Tindakan Kelas ini telah dilaksanakan pada bulan 16 Februari – 16 April pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 rombel. yang berjumlah 62 orang, sampel dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 20 orang dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 20 orang di SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar. Instrumen yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini berupa soal Pre-test untuk mengukur kemampuan dasar peserta didik dan Post-test untuk menilai hasil belajar peserta didik. Hasil pre-test menunjukkan hasil rata-rata kelas yang didapat yaitu 40,30, sedangkan hasil post-test menunjukkan hasil rata-rata kelas yaitu 79,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis komik yang telah dikembangkan berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi organ tumbuhan di SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar.


Full Text:

PDF

References


Istarani, 2012, Kurikulum Sekolah Berkarakter,CV ISCOM, Medan.

Jacob, A. Meningkatkan Peran Serta Guru dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Lilies Noorjannah, “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung JURNAL HUMANITY, Volume 10, Nomor 1 September 2014 versi online.

Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nana Sudjana, Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Sinar Baru Alhensindo: Bnadung, 2010.

Nata, Abuddin, Pendidikan dalam Perspektif Al-Quran. Prenadamedia Group: Jakarta, 2016.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. PDF.

Sukarno, Kendala Dan Upaya Pengembangan Keprofesian Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Penulisan Karya Ilmiah www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8981/6541

Sukmadinata N, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Suriasumantri, Jujun.S. 1985. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan. Sembiring.

UU No 14 Tahun 200 5 tentang Guru dan Dosen.

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode dan Prosedur), Prenadamedia Group: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0