PENGARUH LIMBAH TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SELEDRI (Apium graveolens L)

Lina Rahmawati, Lesti Trianti, Zuraidah Zuraidah

Abstract


Limbah industri adalah limbah yang dihasilkan dari aktifitas produksi industri. Salah satu industri yang menghasilkan limbah adalah industri tahu. Air limbah tahu merupakan air sisa penggumpalan tahu yang dihasilkan selama proses pembuatan tahu. Banyaknya limbah tahu yang dihasilkan setiap hari, maka kita dapat memanfaatkannya sebagai suatu yang berguna untuk kebutuhan unsur hara pada tanaman. Selain itu, pemanfaatan limbah tahu perlu dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, dan dapat juga limbah cair tahu digunakan sebagai media pupuk organik. Pada penelitian ini limbah tahu yang digunakan adalah limbah cair tahu. Limbah cair tahu merupakan hasil dari berbagai proses yaitu proses pencucian, perendaman, penggumpalan dan pencetakan. Limbah cair tahu masih mengandung bahan organik yang berpotensi sebagai pupuk organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh limbah tahu terhadap pertumbuhan tanaman seledri (Apium graveolens L.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuannya yaitu P0 (tanpa limbah cair tahu sebagai kontrol), P1 (limbah cair tahu dengan dosis 150 ml), P2 (limbah cair tahu dengan dosis 300 ml), P3 (limbah cair tahu dengan dosis 450 ml) dan P4 (limbah cair tahu dengan dosis 600 ml). Data yang diperoleh dianalisis dengan ANAVA jika ada pengaruh maka dilanjutkan dengan uji Duncan dan BNT taraf signifikan 5%. Parameter yang diukur dalam penelitian ini yaitu jumlah daun dan tinggi tanaman. Pertumbuhan jumlah daun dan tinggi tanaman paling baik pada perlakuan P2 (300 ml), terlihat bahwa jumlah daun pada pengamatan 40 hsp yang terbanyak adalah perlakuan P2 (300 ml) sebanyak 16 helai daun dan tinggi tanaman pada pengamatan 40 hsp yang tertinggi pada perlakuan P2 (300 ml) yaitu 17,13 cm Penelitian ini menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel, artinya perlakuan dengan pemberian limbah tahu cair berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman seledri.


Full Text:

PDF

References


Ajeng Febrina Saraswati., 2015, Pemanfaatan Limbah Cair Tahu Sebagai Bahan Amelioran Tanah Dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Caisin (Brassica juncea L.), Bogor: Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Aris Sutrisno., 2015, Fermentasi Limbah Cair Tahu Menggunakan EM-4 Sebagai Alternatif Nutrisi Hidroponik Dan Aplikasinya Pada Sawi Hijau (Brassica juncea Var.Tosakan), Jurnal LenteraBio, No.1 Vol.4.

Buyung Arlingga., 2014, Pengaruh Presentase Naungan dan Dosis Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan Tanaman Seledri (Apium Graveolens L.), Jurnal Agrotekbis Vol.2, No.6.

Christina Desiana., 2013, Pengaruh Pupuk Organik Urin Sapi Dan Limbah Tahu Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L.), Jurnal Agrotek Tropika, Vol 1, No.1.

Deden Abdurahman., 2008, Biologi Kelompok Pertanian Dan Kesehatan, Jakarta: Grafindo Media Pratama.

Deswaty Furqonia., 2007, Biologi, Jakarta: Katalog Dalam Terbitan.

Dika Arya Perdana., 2013, Penggunaan Starter Envirosolve Dan Biodekstran Untuk Memproduksi Biogas Dari Bahan Baku Ampas Tahu, Palembang: Jurusan Teknik Kimia Universitas Sriwijaya.

Efrida Lubis., 2009, Pengaruh Pemberian Limbah Cair Tahu Dan Pupuk Urea Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanamna Kedelai (Glycine Max L. (Meril), Jurnal Pertanian.

Farah Rizki., 2013, The Miracle Of Vegetable, Jakarta: Agromedia Pustaka.

Hanna Islamiati Bilallian, dkk., 2016, Pemanfaatan Limbah Cair Tahu Sebagai Penambah Nutrisi Untuk Pertumbuhan Bibit Segon (Falcataria moluccana), Bogor: FMIPA Universitas Pakuan.

Hendro Sunarjo., 2013 Bertanam 36 Jenis Sayur, Jakarta: Penebar Swadaya.

Iis Marliana., 2014, Pengaruh Pemberian Dosis Pupuk Majemuk Terhadap Pertumbuhan Tanaman Seledri (Apium Graveolens L), Jurnal Sainmatika, Vol. 11, No.2.

Junita Pujiastuti., 2012, Pemanfaatan Air Kelapa Dan Limbah Cair Ampas Tahu Sebagai Tambahan Nutrisi Pertumbuhan Tanaman Cabai Hibrida (Capsicum annum L.), Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Kemas Ali hanafiah., 2010, Rancangan Percobaan: Teori Aplikasi, Jakarta: Rajawali Press.

Lakitan, Benyamin., 2012, Dasar-Dasar Fisiologi Tumbuhan, Jakarta: Rajawali Press.

Muhammad Riadh Uluputty., 2015, Pertumbuhan Dan Hasil Seledri (Apium graveolens L.) Pada Media Pasir Setelah Diberikan Gandasil-D Dan Atonik, Jurnal Agrologia, Vol.4, No. 1.

Muji Rahayu., 2008, Pengaruh Macam Media Dan Dosis Pupuk Fermentasi Ampas Tahu Terhadap Pertumbuhan Tanaman Seledri (Apium graveolens L.) Secara Hidroponik, Jurnal Ilmu Tanah Dan Agroklimatologi, No. 5 Vol. 2.

Mujiatul Makiyah., 2015, Analisis Kadar Npk Pupuk Cair Limbah Tahu Dengan Penambahan Tanaman (Thitonia Diversifolia), Indonesian Journal Of Chemical Science. No.4 Vol. 1.

Netty Demak., 2015, Perbandingan Antara Pemberian Limbah Cair Tahu Dengan Limbah Teh Basi Terhadap Laju Pertumbuhan Tanaman (Spathiphyllum Floribumdum), Prosiding Seminar Pendidikan Biologi.

Nur Rahmah.., 2012, Studi Pemanfaatan Limbah Cair Tahu Untuk Pupuk Cair Tanaman (Studi Kasus Pabrik Tahu Kejeren).

Nurhasanah., 2007, Pemanfaatan Limbah Cair Ampas Tahu Terhadap Pertumbuhan Tomat (Lycopersicum esculentum, Mill), Jurnal Alumni dan Dosen STIKIP PGRI.

Nurul Fadilah., 2015, Pengaruh Dosis Dan Frekuensi Penyiraman Limbah Cair Tahu Terhadap Pertumbuhan Vegetatif Rosella (Hibiscus sabdariffa), Jurnal Biologi.

Prapti Utami., 2008, Buku Pintar Tanaman Obat, Jakarta: Agromedia Pustaka.

Rahmat Rukmana., 1990, Bertanam Seledri, Yogyakarta: Kanisius.

Reginawanti Hindersah., 2011, Pemanfaatan Limbah Tahu Dalam Pengomposan Sampah Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Mikrobiologi Kompos, Jurnal Agriminal, No. 1 Vol. 1.

Riana Pradina Embarsari,. 2015, Pertumbuhan Dan Hasil Seledri (Apium graveolens L.) Pada Sistem Hidroponik Sumbu Dengan Jenis Sumbu Dan Media Tanam Berbeda, Jurnal Agro, Vol.2, No.2.

Rukmini Kusmarwiyah., 2011, Pengaruh Media Tumbuh Dan Pupuk Organi Cair Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Seledri (Apium Graveolens L.), Jurnal Crop Agro Vol.4, No 2.

Siti Ngaisah., 2012, Pengaruh Kombinasi Limbah Cair Tahu Dan Kompos Sampah Organik Rumah Tangga Pada Pertumbuhan Dan Hasil Panen Kailan (Brassica oleracea Var. Achepala), Jurnal Biologi Fakultas SAINTEK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Tim Penulis PS., 2008, Agribisnis Tanaman Sayur, Jakarta: Penebar Swadaya.

Untung Suwahyono., 2014, Cara Cepat Buat Kompos Dari Limbah, Jakarta: Penebar Swadaya.

Yuliadi Asmoro., 2008, Pemanfaatan Limbah Tahu Untuk Peningkatan Hasil Tanaman Petsai (Brassica chinensis), Jurnal Bioteknologi, Vol. 5, No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.