PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 2 SIGLI

Munawir Munawir

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan motivasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode konvensional  pada materi dunia tumbuhan di SMA Negeri 2 Sigli. Pengambilan data dilakukan pada 19 April sampai dengan 03 Mei 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pretest postest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X-IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi untuk melihat motivasi belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 20.0 for windows pada taraf  signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa thit >ttab yaitu untuk motivasi belajar 2.479 > 2,002. Simpulan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisons (STAD) dengan pembelajaran konvensional pada materi dunia tumbuhan di SMA Negeri 2 Sigli.


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Untuk SMA/MA Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP Press.

Fauziah, R., Ade, G. A., dan Dadang, L. H. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Teknologi. Vol. IX, No. 2: 165 – 178.

Ghaith, G. 2004. Correlates of the implementation of the STAD cooperative learning method in the English as a foreign language classroom. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 7(4), 279-294.

Hamalik. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap, Nurmahni, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem di MTsN Model Banda Aceh. Jurnal. Vol IV Nomor 2. ISSN 2086-1397.

Harjono. 2010. Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Pembelajaran Kimia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1): 7-14.

Jony. 2013. The Effect Of Student Team Achievement Divisions (Stad) And Learning Motivation Toward The Students’ Reading Competence Of The Eighth Year Students Of Smp N 3 Ubud In The Academic Year 2012/2013. Jurnal. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Volume 1.

Khan, G. N., & Inamullah, H. M. 2011. Effect of Student’s Team Achievement Division (STAD) on Academic Achievement of Students. Asian Social Science, 7(12), 211.

Muhibuddin dan Roslimah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemetaan Konsep Pada Materi Ekosistem. Jurnal EduBio Tropika, Volume 2, Nomor 2.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugianto. 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem dengan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SMPN 7 Tanjung Selor KALTIM. Pensa E-Jurnal, 2 (1): 101-114.

Zulfiani. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Antara Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Ekspositori pada Konsep Ekosistem Terintegrasi Nilai. Pensa E-Jurnal, 44 (1): 90-98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.